08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Profesionalitas Penyelenggaraan Kearsipan, Kementan Gelar Pencanangan Budaya Tertib Arsi

Tingkatkan Profesionalitas Penyelenggaraan Kearsipan, Kementan Gelar Pencanangan Budaya Tertib Arsi

19

Dec 13

Tingkatkan Profesionalitas Penyelenggaraan Kearsipan, Kementan Gelar Pencanangan Budaya Tertib Arsi

Jakarta, 19 Desember 2013. Bertempat di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian (Kementan) Jalan Harsono RM. Nomor 3 Pasar Minggu, Kementan selenggarakan Pencanangan Budaya Tertib Arsip dalam Rangka Mendukung Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pertanian. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan kearsipan secara profesional sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditentukan. Hal itu diungkapkan dalam laporan panitia oleh Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian, Firmanuddin, S.E.,AK.

Lebih lanjut Wakil Menteri Pertanian,  Dr. Rusman Heriawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan acara pencanangan ini merupakan bentuk reaktualisasi dari apa yang sudah dilakukan Kementerian Pertanian dalam pengelolaan arsip selama ini .

Disela-sela acara pencanangan, dilaksanakan pula  serah terima arsip statis Kementerian Pertanian kepada Arsip Nasional Republik Indonesia  secara simbolis oleh Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan  kepada Drs. Mustari Irawan, MPA,  Deputi Bidang Konservasi Arsip juga sebagai Plh. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Mustari menyampaikan, penyerahan arsip statis bertujuan untuk menyelamatkan dan melestarikan arsip bernilai guna pertanggungjawaban nasional agar dimanfaatkan seluas-luasnya bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Lebih lanjut, Mustari sangat mengapresiasi acara pencanangan budaya tertib arsip di lingkungan Kementerian Pertanian.

Arsip statis yang diserahkan berjumlah dua puluh tiga box. Dua puluh box mengenai penyusunan Rencana Kerja Satuan Kawasan Pengembangan (RKSKP) lahan gambut satu juta hektar proyek dukungan teknis perencanaan pemukiman transmigrasi pusat berupa laporan akhir lahan gambut album peta dilokasi, tahun 1997-1998. Sedangkan sisanya sejumlah tiga box mengenai arsip surat keputusan Menteri Pertanian tentang Pelepasan Varitas Unggul Jenis Bunga, Biji-Bijian, Sayuran, Rempah dan Buah-Buahan Tahun 1990-2003.

Turut hadir Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hasan Bisri, SE, MM yang memberikan penjelasan mengenai Peranan Arsip dalam Pemeriksaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara, dalam pemaparannyan Hasan Bisri menjelaskan bahwa Arsip sebagai pendukung laporan keuangan harus relavan dan reliability. Relavan, arsip keuangan harus berhubungan dengan pernyataan/asersi manajemen yang dimuat dalam laporan keuangan. Reliability, arsip keuangan haruslah reliable dan terpercaya, yaitu arsip keuangan tersebut memang dihasilkan oleh sistem pengelolaan keuangan yang baik dan benar. (sa)


Bagikan

Views: 2110