08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
TEMU TEKNIS SDM KEARSIPAN

20

Sep 13

TEMU TEKNIS SDM KEARSIPAN

TEMU TEKNIS SDM KEARSIPAN : Formasi dan Batas Usia Pensiun Arsiparis

Rancangan Revisi Peraturan Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Arsiparis dan Angka Kreditnya saat ini menjadi fokus yang tengah digarap dengan serius oleh Direktorat Akreditasi dan Profesi Kearsipan. Berbagai kegiatan internal maupun eksternal dilaksanakan untuk menampung aspirasi stakeholdernya  diantaranya adalah Temu Teknis Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan yang dihelat di Santika Hotel, Yogyakarta pada tanggal 18-20 September 2013.

Acara yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala Arsip Nasional RI, Gina Masudah Husni, mengundang segenap insan kearsipan di tingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota, Perguruan Tinggi dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dalam Sambutan pembukaannya, Gina menyampaikan mengenai peran penting Arsiparis dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di instansi pemerintah, terutama peran arsiparis sebagai pengelola informasi yang akan dipergunakaan sebagai bahan periksaaan. “Arsiparis profesional tidak hanya kompeten tetapi juga harus mempunyai nilai kompetitif di era globalisasi ini.  Nilai kompetitif sangat penting agar arsiparis mampu bersaing dengan SDM Kearsipan  yang berasal dari negara lainnya,” tegas Gina.

Menghadirkan dua orang narasumber dari Kementerian Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), yaitu Kepala Bidang Standar Jabatan SDM Aparatur, Aba Subagja, S.Sos, MAP dan Kepala Bidang Penyusunan Formasi SDM Aparatur,Supardiana. Dalam sesi materi yang disampaikan keduanya, para peserta Temu Teknis SDM Kearsipan dengan antusiasnya berdiskusi mengenai formasi tenaga kearsipan yang dinilai masih perlu diperbanyak untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kearsipan.

Di sesi berikutnya, dengan Dr. Chatarina Saptorini selaku Direktur Akreditasi dan Profesi Kearsipan menyambung estafet diskusi dengan mengangkat topik formasi SDM Kearsipan dan  Batas Usia Pensiun (BUP) SDM Kearsipan yang dilanjutkan dengan diskusi hangat dengan para peserta Temu Teknis. (AM)


Bagikan

Views: 2320