08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sosialisasi ISO 9001:2008: Mensinergikan Langkah Kedeputian Konservasi Arsip

Sosialisasi ISO 9001:2008: Mensinergikan Langkah Kedeputian Konservasi Arsip

12

Sep 13

Sosialisasi ISO 9001:2008: Mensinergikan Langkah Kedeputian Konservasi Arsip

Memperoleh ISO 9001:2008 dibeberapa unit kerja dibawah Kedeputian Bidang Konservasi Arsip membuat segenap jajaran Kedeputian Bidang Konservasi Arsip semakin merapatkan barisan untuk memantapkan mutu layanan kepada masyarakat. Bertempat di Diamond Ballroom Arion Swiss-Bell Hotel Jakarta, Rabu 11 September 2013, Direktorat Pemanfaatan  menggagas kegiatan Sosialisasi Materi Standarisasi Tata Laksana Layanan Arsip Statis yang bertujuan untuk mensinergikan langkah bersama dalam pengelolaan  arsip statis. Acara yang dibuka oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Drs.Mustari Irawan, MPA ini menghadirkan seluruh pejabat Eselon II dibawah lingkungan Kedeputian Bidang Konservasi Arsip sebagai pembicara.

Dalam sambutannya, Mustari Irawan  mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan menyampaikan 10 poin penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan pelayanan publik, yaitu: (1) Penyediaan  Standarisasi, (2) Membangun SDM yang lebih baik, (3) Membangun sikap : sopan, ramah, respek atas kebutuhan pengguna, (4) Terbuka terhadap kritik, (5) Menjalin komunikasi internal dan eksternal, (6) Memberikan pilihan kepada pengguna untuk menemukan arsip yang dibutuhkan, (7) Persamaan perlakuan  kepada seluruh pengguna/Tidak diskriminatif, (8) Keamanan dalam pelayanan, (9) Aksesibilitas, dan (10) Membangun sistem komunikasi timbal balik dari keluhan pengguna berupa tanggapan pengelolaan keluhan pengguna.

Sosialisasi ini pun menghadirkan pembicara dari Masyarakat Standarisasi Indonesia (MASTAN), Mangasa Ritonga. Dalam materinya Mangasa menyampaikan bagaimana mensejajarkan pemahaman mengenai ISO sehingga diharapkan semua elemen dapat berjalan beriringan menuju pelayanan prima kepada pengguna.

Dalam pelaksanaannya, sosialisasi yangi bertujuan  mensinkronkan kegiatan di Kedeputian Konservasi dan merupakan ajang diskusi yang menarik untuk bersama-sama mencari solusi permasalahan yang dihadapi selama ini dalam pengelolaan arsip statis dan menghasilkan sebuah rekomendasi yang ditandatangani oleh keempat Direktur yang berada dibawah Kedeputian Konservasi Arsip. (AM)


Bagikan

Views: 2261