08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021 Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021 Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021 Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021 Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021 Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021 Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021

06

Oct 21

Sertifikasi Asesor Kearsipan Tahun 2021

Jakarta - 04/10/21, Sebagai Instansi pembina Jabatan Fungsional Arsiparis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bertanggung jawab untuk melakukan uji kompetensi terhadap Asesor Sertifikasi Arsiparis.

Untuk memberikan pemahaman yang sama bagi Asesor, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan dan Sertifikasi, Wawan Sukmana melaporkan bahwa uji kompetensi merupakan proses assesment untuk menentukan layak tidaknya seorang PNS untuk diangkat di dalam  jabatan Arsiparis.  Adapun tujuan sertifikasi asesor yaitu upaya untuk memenuhi kebutuhan asesorkearsipan  secara nasional, baik yang ada di ANRI maupun di Pemerintah Daerah Provinsi dan Kota.

Kepala ANRI, Imam Gunarto saat membuka acara sertifikasi mengingatkan kembali salah satu arahan Presiden RI Joko Widodo di bidang SDM, bahwa kelola arsip harus dilakukan dengan cara-cara baru yakni dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Oleh karena itu,  kemampuan dalam mengelola arsip harus semakin baru.

Imam Gunarto menambahkan, sertifikasi ini menjadi salah satu medium untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan kompetensi kultural yang berkaitan dengan melakukan kolaborasi, serta kompetensi teknis di bidang kearsipan.

Pada sertifikasi kali ini, calon asesor memperoleh materi bidang kepegawaian, khususnya Strategi Manajemen Kepegawaian terkait Pengangkatan Jabatan Fungsional Arsiparis, yang disampaikan Agus Praptana dari Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Selain itu, materi lainnya yang disampaikan yakni  Penyusunan Indikator Kinerja Individu dalam Sasaran Kinerja yang disampaikan A. Yudi Wicaksono, Analisis Kebijakan Ahli Madya Asdep Manajemen Kinerja dan Kesejahteraaan SDM Aparatur  perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). 

Pada hari kedua asesor melakukan psikotes dan ujian tertulis serta ujian wawancara. Sertifikasi Asesor Kearsipan dilaksanakan di Cosmo Amaroossa Hotel, Jakarta Selatan pada 4 s.d. 5 Oktober 2021. 

( lh )


Penulis : lh
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1723