08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusat Jasa Kearsipan Selesaikan Penataan Arsip PT Pelindo Il (Persero) Cabang Pelabuhan Pontianak Tepat Waktu di Masa Pandemi Covid-19

Pusat Jasa Kearsipan Selesaikan Penataan Arsip PT Pelindo Il (Persero) Cabang Pelabuhan Pontianak Tepat Waktu di Masa Pandemi Covid-19 Pusat Jasa Kearsipan Selesaikan Penataan Arsip PT Pelindo Il (Persero) Cabang Pelabuhan Pontianak Tepat Waktu di Masa Pandemi Covid-19 Pusat Jasa Kearsipan Selesaikan Penataan Arsip PT Pelindo Il (Persero) Cabang Pelabuhan Pontianak Tepat Waktu di Masa Pandemi Covid-19

04

May 20

Pusat Jasa Kearsipan Selesaikan Penataan Arsip PT Pelindo Il (Persero) Cabang Pelabuhan Pontianak Tepat Waktu di Masa Pandemi Covid-19

Pontianak - 07/04/20, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) kembali melaksanakan kerja sama kegiatan penataan arsip bersama Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pada kesempatan kali ini, Cabang Pontianak menjadi salah satu cabang PT Pelindo II (Persero) yang menyelenggarakan kegiatan penataan arsip. 

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kesadaran yang terus berkelanjutan bagi PT Pelindo II (Persero) dalam hal penyelenggaraan kearsipan yang autentik, utuh, terpercaya, serta terkelolanya arsip fisik dan informasinya. Hal ini sejalan dengan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di mana arsip memegang peranan sangat penting bagi perseorangan, organisasi, maupun dalam sebuah instansi sebagai bukti akuntabilitas kinerja yang autentik dan terpercaya.

Kegiatan digelar berdasarkan Perjanjian Kerja Sama antara PT Pelindo ll (Persero) dan Pusat Jasa Kearsipan ANRI Nomor MP.01/2/1/1/KAN/SDM /Pl.ll-2020 dan Nomor KE.00.00/04/2020 tanggal 2 Januari 2020 tentang Pembenahan Arsip di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak, serta Keputusan Kepala ANRI Nomor 5 tahun 2020 tentang Tim Pembenahan PT Pelabuhan Indonesia ll (Persero) Cabang Pelabuhan Pontianak Pada Satuan Kerja Pusat Jasa Kearsipan.

Dalam waktu 66 hari kerja, penataan arsip  dengan volume 1060 meter linier berhasil diselesaikan dengan tepat waktu. Mulai dari tanggal 20 Januari hingga 7 April 2020, penataan arsip dilaksanakan oleh 26 SDM Pelaksana Penata Arsip serta 2 orang Koordinator Kegiatan yang berasal dari Pejabat Fungsional Arsiparis.

Dengan semangat dan komitmen yang akuntabel, kegiatan penataan arsip tetap terselesaikan tepat waktu di tengah pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 saat kegiatan berlangsung. Dalam kegiatan tersebut juga digelar transfer knowledge yang ditujukan bagi petugas pengelola arsip PT Pelindo II (Persero) Cabang Pontianak.

Kerja sama tersebut menghasilkan arsip tertib fisik dan informasinya yang terdiri dari 4.566 boks arsip dengan 44.748 data yang menghasilkan Daftar Arsip. Selanjutnya, dilakukan Uji Petik atau Uji Coba Penemuan Kembali Arsip oleh Junior Manajer PT Pelindo II (Persero) Cabang Pontianak yang menghasilkan arsip ditemukan hanya dengan waktu selama 14 detik.

Pusat Jasa Kearsipan mendukung secara penuh kegiatan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Work From Home di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, protokol pencegahan Covid-19 juga dilakukan dalam kegiatan layanan jasa kearsipan.  

( B )


Penulis : B
Editor : SA

Bagikan

Views: 1075