Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI
Persiapan Menuju Simpul Jaringan Mandiri Persiapan Menuju Simpul Jaringan Mandiri Persiapan Menuju Simpul Jaringan Mandiri

03

Oct 22

Persiapan Menuju Simpul Jaringan Mandiri

Jakarta - 03/10/22, Meningkatnya kuantitas serta kualitas input informasi kearsipan dari Kementerian/Lembaga, Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan Perguruan Tinggi Negara (PTN) dalam pengelolaan Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) menunjukan kemajuan simpul jaringan dalam mengelola SJIKN. Melihat kondisi ini maka Pusat SJIKN Arsip Nasional Republik Indonesia menindaklanjuti dan mengarahkan anggota simpul jaringan untuk lebih mandiri. Selain itu, sebagai bagian dari upaya mengidentifikasi kondisi dan kesiapan simpul jaringan, maka Pusat SJIKN menyelenggarakan rapat dengan simpul jaringan secara virtual  dengan tema pembahasan "Persiapan Menuju Simpul Jaringan Mandiri".

Rapat mengundang 10 anggota simpul jaringan dari LKD provinsi/kabupaten/kota, Lembaga Nonstruktural, PTN serta perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika setempat sebagai lembaga yang bertanggungjawab terhadap infrastruktur teknologi informasi.Hadir pula dalam rapat ini LKD yang sudah menjadi simpul jaringan mandiri yaitu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sumedang, dengan tujuan berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada anggota simpul yang hadir.

Kepala Pusat SJIKN, Listianingtyas Murgiwati menyatakan bahwa tahun 2022 ini, terdapat 16 simpul jaringan yang mengajukan permohonan menjadi simpul jaringan mandiri. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya bahkan tidak hanya didominasi oleh LKD tapi lebih bervariasi seperti Lembaga Nonstruktural serta PTN. Ini dapat menjadi salah stau indikasi kemajuan simpul jaringan dalam mengelola SJIKN. 

 

( #tj )