08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Perkuat Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Gelar Rapat Koordinasi Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN

Perkuat Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Gelar Rapat Koordinasi Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN Perkuat Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Gelar Rapat Koordinasi Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN Perkuat Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Gelar Rapat Koordinasi Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN Perkuat Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Gelar Rapat Koordinasi Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN

24

Apr 24

Perkuat Penyelenggaraan Kearsipan, ANRI Gelar Rapat Koordinasi Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN

Bali - 24/04/24, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Temu Jaringan Nasional Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) dengan tema “Penguatan Penyelenggaraan Kearsipan dalam rangka Meningkatkan Layanan Akses Informasi Kearsipan yang Autentik dan Berkelanjutan melalui SIKN dan JIKN”. Acara Rakor diselenggarakan di Harris Hotel and Residences, Bali, 24 April 2024.

“Tujuan penyelenggaraan Rakor Temu Jaringan Nasional adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik efektif dan efisien, melalui penyediaan informasi kearsipan secara online,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Sistem Kearsipan (IPSK), Andi Kasman dalam laporannya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa rakor kali ini menjadi sangat penting karena meneguhkan komitmen semua para pemangku kepentingan akan urgensi JIKN yang semakin strategis pada saat ini.

Selain itu, melalui rakor ini dapat memastikan arsip yang telah dikelola dapat digunakan dan dimanfaatkan seluas-luasnya untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Imam juga mengimbau kepada pusat dan simpul jaringan untuk berperan aktif dalam membangun portal JIKN. “Pusat dan simpul jaringan harus bekerja lebih aktif dan dinamis membangun portal ini sebagai corong informasi yang paling terpercaya, lengkap, autentik dan menjadi rujukan utama masyarakat. Sehingga mampu menjadi tembok penghalang menyebarnya hoaks dan berita bohong,”tambahnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Bali, I Dewa Putu Sunartha yang mewakili Sambutan Penjabat Gubernur Bali sangat mengapresiasi acara Rakor Temu Jaringan Nasional SIKN dan JIKN, dan berterima kasih telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Bali sebagai tempat penyelenggaraan rakor.

Rakor Temu Jaringan Nasional kali ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari 24 s.d. 26 April 2024. Adapun tema yang dibahas adalah “Peningkatan Layanan Akses Informasi Arsip Covid-19 Kementerian Kesehatan RI melalui Penguatan JIKN” yang disampaikan oleh Arsiparis Ahli Utama Kementerian Kesehatan RI, Desak Made Wismarini dan sharing session penyelenggaraan SIKN dan JIKN di Kabupaten Badung yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani. Sharing session ini meliputi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung sebagai 5 (lima) besar Simpul Jaringan Terbaik Nasional Tahun 2023 di Yogyakarta, serta studi tiru ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. 

Rakor ini dihadiri oleh 300 Simpul Jaringan, meliputi anggota Simpul Jaringan dari Kementerian dan Lembaga Negara, Lembaga Kearsipan Provinsi, Lembaga Kearsipan Kabupaten dan Kota, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi, serta BUMN yang telah menjadi anggota Simpul Jaringan.

Pada kesempatan ini, dilaksanakan juga penyusunan “Deklarasi Denpasar 2024” dan Penyerahan Sertifikat Simpul Jaringan Pilot Project 2024 oleh Deputi IPSK kepada peserta Simpul Jaringan Pilot Project Tahun 2024. (is)


Foto : Biro Perencanaan dan Humas
Penulis : is
Editor : sa

Bagikan

Views: 932