08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Penguatan Teknologi Pelestarian Arsip melalui Preservasi Digital

Penguatan Teknologi Pelestarian Arsip melalui Preservasi Digital Penguatan Teknologi Pelestarian Arsip melalui Preservasi Digital Penguatan Teknologi Pelestarian Arsip melalui Preservasi Digital

02

Jun 21

Penguatan Teknologi Pelestarian Arsip melalui Preservasi Digital

Jakarta - 25/05/2021. Direktorat preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali mengadakan webinar yang bertajuk Digital Preservation – Knowledge of Technology, Information and Content : preservasi digital yang fokus terhadap pengetahuan teknologi, informasi dan kontennya. Webinar ini merupakan seri kedua dari rangkaian webinar yang telah diselenggarakan sebelumnya oleh Direktorat Preservasi dan dapat diikuti oleh peserta melalui aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional RI.

 

Acara ini dibuka dengan pemutaran video dari Direktorat Preservasi tentang E-Depot di Arsip Nasional Republik Indonesia. Saat membuka acara, Direktur Preservasi, Kandar menekankan akan pentingnya autentifikasi arsip untuk mencegah hoaks yang beredar di masyarakat saat ini. Preservasi digital selain memudahkan autentifikasi arsip, juga untuk menekan hoaks yang ada di masyarakat saat ini, karena masyarakat dapat mengakses secara langsung kebenarannya melalui arsip. Beliau juga menyampaikan bahwa preservasi arsip tidak hanya selalu fisiknya saja, tetapi juga informasi atau konten di dalamnya, yang dapat diakses dalam jangka waktu yang lama melalui preservasi digital.

 

Workshop daring tentang preservasi digital dihadiri oleh lebih dari 2000 peserta yang berasal dari berbagai instansi, baik pusat maupun daerah di seluruh Indonesia, dan masyarakat luas yang memiliki rasa antusias yang sama dalam melaksanakan preservasi digital di instansi mereka. Materi webinar disampaikan oleh William Kilbride, yang merupakan tokoh preservasi digital dari Digital Preservation Coalition (DPC) yang berbasis di Inggris. William Kilbride menyampaikan bahwa preservasi digital merupakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh seluruh organisasi di dunia, agar mereka dapat selalu mengakses data dan informasi di dalamnya. Beliau pada saat menyampaikan materi juga sering menekankan akan pentingnya melakukan back up data untuk memastikan bahwa data penting yang kita miliki tidak akan hilang apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun materi kegiatan dapat diakses dengan mengunjungi tautan https://anri.go.id/publikasi/materi-kegiatan.

            Sebagai informasi, webinar dari preservasi arsip dilaksanakan dalam 4 seri dengan topik berbeda di tiap serinya, yakni Pengendalian Hama Terpadu pada Arsip (4 Mei 2021), Preservasi Arsip Digital (25 Mei 2021), Digitalisasi dan Pengelolaan Arsip Digital (10 Juni 2021), serta Restorasi Arsip Digital (29 Juni 2021).

( DHN )


Penulis : DHN

Bagikan

Views: 2033