08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2022

Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2022 Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2022

17

May 22

Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2022

Pekanbaru – 17/05/2022, Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2022 sekaligus dalam rangka peringatan Hari Kearsipan ke-51  dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Grand Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau (17/5). Rakornas Kearsipan Tahun 2022 dibuka oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri mewakili Menteri Dalam Negeri, Eko Prasetyo, Kepala ANRI, Imam Gunarto, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Pada kesempatan ini, Eko Prasetyo Purnomo menyatakan bahwa saat ini diperlukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan peran dalam pemerintahan di era digital, salah satunya peran dalam penyelenggaraan kearsipan. Keteraturan dokumen ini diharapkan membantu untuk mempercepat proses pada saat menyelenggarakan sesuatu, ditambah lagi keteraturan dokumen ini diharapkan membantu pemerintah dalam pembentukan ibu kota baru.

Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan pada peringatan Hari Kearsipan ke-51, dilaksanakan rapat koordinasi kearsipan nasional untuk evaluasi atas capaian kinerja kearsipan selama tahun 2021. Selanjutnya  melakukan validasi dan introspeksi untuk memperbaiki kekurangan untuk menyusun strategi dan cara-cara baru.

Kepala ANRI menyampaikan, seluruh kegiatan penyelenggaraan kearsipan nasional tersebut pada dasarnya dapat dikelompokan dalam tiga kluster program utama yaitu: Tertib Arsip, Transformasi Digital Kearsipan dan Memori Kolektif Bangsa. Untuk memperkuat dan memantapkan program tersebut maka perlu digairahkan tentang branding kearsipan yang masih membutuhkan upaya keras, sehingga seluruh lapisan masyarakat memiliki pemahaman, kesadaran, kepatuhan, kebiasaan atau budaya pengarsipan dan literasi kearsipan yang tinggi.

Gubernur Riau, Syamsuar  dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Provinsi  Riau berkomitmen terhadap penyelengaraan kearsipan. “Kami sadar untuk menjadi penyelenggara pemerintahan yang baik tentu harus didukung dengan tatakeola kearsipan sebagai  bukti pertanggung jawaban administrasi yang harus disiapkan pada setiap teknis pemerintahan,” jelas Syamsuar.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan salinan arsip Kerajaan  Riau oleh Kepala ANRI kepada Gubernur Riau. Selain itu, diselenggarakan pameran One Stop Services yang  ditujukan bagi para tamu dan undangan dari lembaga kearsipan baik di tingkat pusat maupun daerah yang akan berkonsultasi kearsipan secara langsung. (SA) 

 


Penulis : SA

Bagikan

Views: 1795