08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub

Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub

13

Apr 21

Menteri Budi Karya Paparkan Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kemenhub

 Jakarta – 13/04/21. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyelenggarakan webinar dengan tema Menteri Bicara Arsip, Peran Arsip dalam Mendukung Kesuksesan dan Keberhasilan Kinerja Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Acara yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Plt. Kepala ANRI, M. Taufik, serta para Pejabat dan pegawai di Lingkungan Kementerian Perhubungan RI dan ANRI.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala ANRI, M. Taufik, menuturkan bahwa semua yang dilakukan Kementerian Perhubungan RI terekam di dalam Arsip. M. Taufik mengajak kepada para peserta webinar untuk turut serta menjaga dan melestarikan Arsip sebagai akuntabilitas kinerja. M. Taufik juga menyampaikan siap mendukung Kementerian Perhubungan melalui sektor Kearsipan.

“Semua yang dilakukan Bapak Menteri beserta jajarannya terekam dalam namanya arsip. Oleh karena itu, hari ini mari, rekaman itu kita jaga dan kita lestarikan dengan baik, tidak hanya sekedar menjaga dan melestarikannya, arsip dapat menjadi bukti akuntabilitas kinerja Bapak Menteri dan Kementerian beserta jajarannya", terangnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa kegiatan Arsip di Kemenhub sudah bagus sehingga dapat berlangsung dengan baik. Salah satu bukti Kemenhub RI dalam memperbaiki kegiatan Kearsipan di Lingkungan Kementerian Perhubungan RI adalah adanya Gedung Pusat Arsip Kementerian Perhubungan di Soreang.

“Kegiatan Arsip di Kementerian Perhubungan sudah begitu bagus sehingga dapat berlangsung dengan baik. Bapak/Ibu sekalian kita tahu bahwa dulu kita memiliki (kegiatan Arsip) di Gedung Sate pindah ke Wastu Kencana dan sekarang di Soreang, semua itu adalah upaya kita untuk memperbaiki semuanya", ungkapnya.

Budi Karya menambahkan bahwa pembangunan Infrastruktur idealnya dilengkapi dengan Arsip pembangunan. “Pembangunan infrastruktur idealnya dilengkapi Arsip pembangunan yang terdiri dari Arsip Perencanaan, Arsip IMB, Arsip Pelelangan, Arsip Kontrak, dan Informasi Kesesuaian Bangunan atau lebih dikenal dengan As-Built Drawing dan juga Sertifikat Laik Operasi atau sering disingkat SLF/SLOO. Nah kita (Kemenhub RI) memang tidak main-main karena ini (Pengelolaan Arsip) amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan", jelasnya.

Lebih lanjut Budi Karya menerangkan bahwa dalam mengambil keputusan, Kemenhub selalu mendasarkan kepada Arsip. Apabila arsip tidak ada maka sulit untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu, Budi Karya ingin menjadikan Arsip sebagai memori kolektif Bangsa yang dapat terwujud karena hal tersebut merupakan sesuatu yang penting.

Acara webinar yang dibuka secara langsung oleh Budi Karya ini dihadiri sekitar 900 peserta dan diakhiri dengan pemaparan materi terkait penyelenggaraan kearsipan nasional dengan menghadirkan narasumber profesional di bidang kearsipan.

( RNZ )


Penulis : RNZ

Bagikan

Views: 886