08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Membangkitkan Kembali Macan Asia Dari Arsip

14

Nov 13

Membangkitkan Kembali Macan Asia Dari Arsip

Membangkitkan Kembali Macan Asia Dari Arsip


Dalam suasana ruangan yang redup, para peserta Sosialisasi Visualisasi Bahan Ajar Pembangunan Karakter Bangsa menyaksikan film Pembangunan Karakter Bangsa persembahan Arsip Nasional RI dengan penuh antusias. Karena kegiatan yang dilaksanakan di Savoy Homan Hotel, Bandung, Jawa Barat, 12 November 2013, merupakan lokasi kedua pelaksanaan Sosialisasi Visualisasi Bahan Ajar Pembangunan Karakter Bangsa yang dibuka oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional RI (ANRI) Dra. Dini Saraswati, MAP dengan narasumber Ketua Jurusan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. Dadang Supardan, Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Jawa Barat Dr. Ida Wahida, SE., SH., MSi. Juga hadir Direktur Pemanfaatan Arsip ANRI Drs. Asep Mukhtar Mawardi, M.Hum.

Dalam sambutan Plh. Kelapa ANRI yang dibacakan oleh Ibu Dini Saraswati mengharapkan agar potensi arsip dan dunia kearsipan baik dalam format arsip konvensional maupun media baru dapat didayagunakan untuk membangun karakter bangsa yang dikonversi dalam bentuk visualisasi arsip/pencitraan dakumen sejarah bangsa dan diharapkan menjadi bahan pembelajaran di sekolah dasar, menengah, universitas dan pendidikan guru.

Beliau juga mengungkapkan bahwa kita pernah menjadi sebuah negara yang disegani sebagai salah satu Macan Asia. Potensi arsip, agama dan budaya dapat di manfaatkan untuk membangkitkan dan meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta penguatan karakter bangsa sehingga dapat meluruskan dan meningkatkan pemahaman akan makna pentingnya keutuhan NKRI di tengah arus global. Fir.


Bagikan

Views: 3063