08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Laboratorium Arsip ANRI Lakukan Risk Assesament di Disarspus Kab. Bekasi

Laboratorium Arsip ANRI Lakukan Risk Assesament di Disarspus Kab. Bekasi Laboratorium Arsip ANRI Lakukan Risk Assesament di Disarspus Kab. Bekasi Laboratorium Arsip ANRI Lakukan Risk Assesament di Disarspus Kab. Bekasi

28

Jun 21

Laboratorium Arsip ANRI Lakukan Risk Assesament di Disarspus Kab. Bekasi

Bekasi (10/06/2021) – Laboratorium dan Autentikasi Arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan Risk Assessment Arsip Statis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi pada 10 – 11 Juni 2021. Kegiatan tersebut diikuti tiga orang arsiparis dan satu orang analis laboratorium yang dipimpin oleh Yanah Suryanah selaku Koordinator Laboratorium dan Autentikasi Arsip ANRI.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi menyambut baik kehadiran tim Risk Asaessment arsip dari Laboratorium dan Autentikasi ANRI. Adeng Hudaya, selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan yang dilakukan dan berharap agar kerjasama antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi dengan ANRI terus dapat terjalin.

Dalam kesempatan ini Laboratorium dan Autentikasi Arsip ANRI juga menyerahkan beberapa alat-alat yang dapat digunakan dalam proses pemeliharaan arsip statis dan Risk Assesment Arsip Statis, di antaranya adalah thermohygrometer,  filmoplast, pH Indicator, serta buku Peraturan ANRI Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pedoman Penilaian Arsip Kertas.

Kegiatan Risk Assesment Arsip Statis ini juga melibatkan seluruh arsiparis yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi sejumlah lima orang dan Pranata Kearsipan sebanyak 15 orang.  Metode yang digunakan dalam kegiatan risk assessment tersebut adalah metode Hazard Identification Risk Assesment (HIRA) dengan model  Random Purposive Sampling, di mana terdapat 2 khazanah yang dijadikan sample yaitu Arsip dari Sekretariat Daerah dan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Bekasi.

Selain melakukan Risk Assesment Arsip Statis, Tim Laboratorium dan Autentikasi Arsip juga mengadakan kegiatan workshop singkat tentang pengenalan kerusakan pada arsip kertas. Hal ini ditujukan agar para pejabat, Arsiparis, dan Pranata Kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi lebih paham tentang metode penanganan dan antisipasi dari kerusakan arsip kertas yang dapat terjadi.

(OHS)

( OHS )


Penulis : OHS
Editor : tk

Bagikan

Views: 1204