Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim

Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim

04

Oct 22

Kolaborasi Pameran Arsip Jejak Erupsi Gunung Api dan Restorasi Arsip Terdampak Bencana di Jatim

Lumajang - 26/09/22, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan pameran arsip “Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur” dan restorasi arsip yang terdampak bencana. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 27 September s.d 6 Oktober 2022 di Galeri Perpustakaan Mula Malurung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pada kegiatan restorasi, terdapat 433 lembar arsip turunan buku Letter C dari Kelurahan Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumahang yang berhasil direstorasi. Kegiatan restorasi arsip ini dilaksanakan tak lain untuk memastikan hak keperdataan rakyat, utamanya hak atas tanah yang tercatat pada buku Letter C di Kelurahan Tempeh Tengah tetap terjamin.

Sementara itu, pada pameran arsip, terdapat 90 arsip foto yang dipamerkan. Helatan pameran arsip tersebut mengingatkan kembali bahwasanya sejarah kebencanaan gunung api yang ada di Jawa Timur sudah ada sejak dahulu. Bencana gunung api merupakan fenomena yang akan terus berdampingan di Indonesia. Arsip merekam ingatan jangka panjang, membantu membangun perencanaan yang berkualitas, serta rujukan dalam pembuatan keputusan dan tindakan dengan memberikan keberlangsungan akses bagi pengetahuan dan perspektif sejarah. Arsip pun dapat membantu mengarahkan langkah tepat untuk menentukan kebijakan pemerintah daerah terkait dengan mitigasi bencana.

 (St)