08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Hadiri Pendalaman Tahapan Presentasi Monev KIP Tahun 2021

Kepala ANRI Hadiri Pendalaman Tahapan Presentasi Monev KIP Tahun 2021 Kepala ANRI Hadiri Pendalaman Tahapan Presentasi Monev KIP Tahun 2021 Kepala ANRI Hadiri Pendalaman Tahapan Presentasi Monev KIP Tahun 2021

12

Oct 21

Kepala ANRI Hadiri Pendalaman Tahapan Presentasi Monev KIP Tahun 2021

Jakarta - 11/10/21, Sebagai salah satu tahapan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengikuti pendalaman presentasi atas inovasi dan kolaborasi yang telah dilakukan dalam pengelolaan KIP. Kepala ANRI, Imam Gunarto serta Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (Humas) selaku PPID ANRI turut hadir secara virtual pada pendalaman presentasi Monev KIP Tahun 2021 tersebut (11/10).

Pada kesempatan ini, terdapat tiga orang dewan juri yang melakukan pendalaman kepada setiap Badan Publik, yaitu Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Bidang Kelembagaan, Cecep Suryadi, Komisioner KI Pusat Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik, M. Syahyan serta peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kompas, Yohan Wahyu.

Dalam pemaparannya, Imam menekankan bahwa ANRI terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan KIP dari waktu ke waktu. Ada berbagai kegiatan dan sarana yang dikembangkan sebagai bagian dari inovasi dan adaptasi terhadap kemajuan zaman dan dihadapinya kondisi pandemic COVID-19. “Meski situasi pandemi membatasi layanan tatap muka, namun kami mengoptimalkan berbagai kanal untuk memberikan dan menyediakan informasi kepada publik, seperti aplikasi eppid, Layanan Informasi Publik Tatap Muka Virtual ANRI (LIPTARI), Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), dan layanan kunjungan virtual. Kami juga telah mengimplementasikan aplikasi SRIKANDI untuk pengelolaan arsip dinamis secara elektronik yang juga menjadi bagian dalam mendokumentasikan kinerja yang telah dilakukan,” terang Imam Gunarto.

Menutup penjelasannya, Imam menekankan bahwa ANRI tidak terus berpuas diri dengan pengelolaan KIP yang telah ada. Ke depannya akan terus dilakukan pengembangan, seperti penguatan kolaborasi dengan stakeholders untuk mewujudkan Gallery, Library, Archives, Museum (GLAM), pembangunan studio broadcast dan command centre sebagai sarana penunjang pengelolaan dan penyajian data serta informasi kepada publik, dan pengembangan simpul jaringan untuk optimalisasi JIKN.

Sebagai informasi, pada tahapan Monev KIP Tahun 2021 ini telah mengikuti pengisian Self Assessment Questionnaire secara daring dalam aplikasi e-monev.komisiinformasi.go.id dan mengirimkan video presentasi PPID yang berfokus pada kolaborasi dan inovasi.

( tk/pi )


Penulis : tk/pi
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1563