08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Buka Seminar Internasional Kearsipan

Kepala ANRI Buka Seminar Internasional Kearsipan

24

Jan 14

Kepala ANRI Buka Seminar Internasional Kearsipan

Kepala ANRI, Mustari Irawan, MPA Membua Acara Seminar Internasional Kearsipan

 

JAKARTA - Kepala Arsip Nasional Reoublik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan, MPA pada 23 Januari 2014 membuka seminar internasional kearsipan yang diselenggarakan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) dengan tema Profesi Kearsipan Menjawab tantangan Masa Depan. Seminar yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, gedung C lantai 2, ANRI ini diikuti oleh 186 peserta yang berasal dari berbagai daerah terdiri dari arsiparis dan para pengelola arsip di kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan beberapa perusahaan swasta.

Dalam sambutannya Mustari menyampaikan bahwa ajang seminar ini dapat menjadi sarana untuk saling bertukar pengetahuan baik sesama peserta maupun dengan narasumber. Beliau pun menyampaikan bahwa saat ini profesi arsiparis sudah dapat menyentuh semua lokus. “Pengertian arsiparis kini lebih luas apalagi setelah lahirya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan. Saya pun berharap kualitas arsiparis kita dapat bersaing di dunia internasional apalagi nanti dalam menghadapi ASEAN Economic Community, “terangnya.

Seminar ini menghadirkan pembicara dari National Archives of the Netherlands, Mr. Ted Steemers yang berbicara tentang preservasi arsip. Para peserta sangat antusias dengan materi presevasi arsip yang dibawakan seorang narasumber dari Negeri Kincir Angin ini. Pertanyaan banyak ditujukan berkaitan dengan pemeliharaan arsip  dan beberapa pertanyaan tentang preservasi arsip dari bencana alam yang kerap terjadi akhir-akhir ini. Hadir pula dosen Universitas Leiden, Prof. Charles Juergens yang menyampaikan materi Digital records Management. Materi seorang professor tersebut mampu memberikan pandangan peserta bahwa pengelolaan arsip secara digital memberikan nilai positif, khususnya efektifitas dalam penyimpanannya dan pencariannya. Terakhir sebagai narasumber adalah Ketua Umum AAI yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Dr. Andi Kasman dengan materi Profesi Arsiparis Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa. (TK)


Bagikan

Views: 2116