08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kemendagri Serahkan Arsip Statis, Arsip COVID-19 dan Salinan Arsip Terjaga kepada ANRI

Kemendagri Serahkan Arsip Statis, Arsip COVID-19 dan Salinan Arsip Terjaga kepada ANRI Kemendagri Serahkan Arsip Statis, Arsip COVID-19 dan Salinan Arsip Terjaga kepada ANRI

17

May 22

Kemendagri Serahkan Arsip Statis, Arsip COVID-19 dan Salinan Arsip Terjaga kepada ANRI

Pekanbaru (17/5/2022) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali memperoleh tambahan khazanah arsip statis, arsip COVID-19 dan salinan arsip terjaga yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diserahkan secara simbolis pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan yang diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau.

Arsip statis Kemendagri diserahkan oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro dengan jumlah 500 berkas dalam kurun waktu 1990-1995. Adapun arsip statis yang diserahkan adalah Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD, Pelepasan Tanah Pemerintahan Kabupaten, Pengesahan Peraturan Daerah, dan sejenisnya. Pada 2007, 2018 dan 2021 Kemendagri pun telah menyerahkan arsip statisnya kepada ANRI.

Selain penyerahan arsip statis, pada kesempatan yang sama, Kemendagri juga menyerahkan arsip COVID -19 tentang Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), PPKM di Tingkat Desa dan Kelurahan, dan sejenisnya serta salinan arsip terjaga tentang arsip kependudukan agregat data konsilidasi bersih jumlah penduduk Indonesia.

Arsip statis dan COVID-19 nantinya dapat menjadi menjadi bagian dari sejarah dan memori kolektif bangsa Indonesia. Serah terima arsip statis pun sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan Pasal 53. Sebelum pelaksanaan serah terima arsip, tim akuisisi ANRI terlebih dahulu melaksanakan prosedur akuisisi arsip sesuai dengan Peraturan Kepala ANRI Nomor 31 Tahun 2011 tentang Tata Cara Akuisisi Arsip Statis.

(tk)

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 1568