08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Guide Arsip Tematis Pelabuhan Masa Hindia Belanda Siap Diluncurkan Akhir Tahun Ini

Guide Arsip Tematis Pelabuhan Masa Hindia Belanda Siap Diluncurkan Akhir Tahun Ini

11

Sep 13

Guide Arsip Tematis Pelabuhan Masa Hindia Belanda Siap Diluncurkan Akhir Tahun Ini

Mengemban salah satu tujuan penyelenggaraan kearsipan, yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya, Direktorat Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Sosialisasi Materi Guide Arsip Tematis Pelabuhan Masa Hindia-Belanda di Arion Swissbell Hotel, jalan Kemang Raya nomor 7, Jakarta Selatan. Acara yang diselenggarakan pada 10 September 2013 ini diikuti oleh 70 orang peserta yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal ANRI serta dibuka secara langsung oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip, Mustari Irawan, MPA.

Dalam sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa sosialisasi materi guide  ini salah satunya bertujuan untuk menghimpun masukan-masukan dan penyempurnaan menuju hasil akhir guide yang siap diluncurkan akhir tahun ini. “Selain itu, dengan adanya guide dapat memudahkan pengguna untuk mengakses arsip yang menjadi salah satu bagian tujuan penyelenggaraan kearsipan, sebagai mana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 pasal 3 huruf h, “terangnya. Beliau pun menyampaikan bahwa acara ini amat bermanfaat guna menjaring masukan dalam rangka penyempurnaan penyusunan guide pada masa mendatang.

Pada acara sosialisasi ini dilaksanakan dus sesi diskusi panel. Diskusi panel sesi I menghadirkan narasumber Sutiasni, S.AP., M. Hum. dengan materi “Guide Arsip Tematis Pelabuhan” dan M. Haris Budiawan, S.S. dengan materi “Sekilas tentang  sistem Kearsipan Kolonial”. Diskusi panel sesi II dengan narasumber Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum. dengan materi “Jaringan Maritim dan Pelabuhan” serta Abdul Rachman hamid, S.Pd., M.Si. dengan materi “Penggunaan Arsip dalam Kajian Sejarah Masyarakat Bahari”. (TK)


Bagikan

Views: 2603