08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital

21

Sep 21

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital

Jakarta – 21/09/21 Dalam rangka merayakan Hari Kearsipan Nasional Kearsipan ke-50 di Indonesia, Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali menggelar kegiatan webinar. Webinar kali ini merupakan webinar seri ke-7 dengan tema Magnetic Tape Preservation and Transfer to Digital dan diselenggarakan pada Hari Selasa, 21 September 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Guna mengantisipasi jumlah peserta yang begitu banyak, maka ditayangkan pula secara langsung melalui saluran akun Youtube Arsip Nasional Republik Indonesia.

Webinar dilaksanakan pada pagi hari dan diawali dengan sambutan dan pembukaan yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas Deputi Bidang Konservasi Arsip, Multi Siswati. Ia menyampaikan bahwa webinar ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kapabilitas preservasi audiovisual mengingat banyaknya jumlah koleksi arsip kaset atau tape yang dimiliki oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan instansi-instansi pemerintah lainnya di Indonesia.

Webinar ini diikuti oleh kurang lebih 1129 peserta yang berasal dari berbagai instansi, baik pusat maupun daerah dari dalam serta luar negeri. Sebagai pemberi materi, ANRI menghadirkan dua pemateri dari Australia, yaitu Ray Edmondson dan Mick Newnham.

Materi pertama berjudul Magnetic Tape Preservation and Challenges disajikan oleh Ray Edmondson. Ia menyampaikan informasi seputar karakter media penyimpanan audiovisual, metadata serta properti intelektual dari sebuah arsip, dan manajemen lokasi. Materi kedua berjudul Magnetic Media Preservation and Accessibility disajikan oleh Mick Newnham. Ia menyampaikan informasi seputar proses migrasi media arsip secara digital yang meliputi infrastruktur seperti akomodasi, tenaga, sistem TI, dsb dan pengecekan kualitas dan checksums seperti status format, ongoing migration timing, dan digital collection. Untuk lebih detailnya, materi kegiatan dapat diperoleh dengan mengunjungi tautan https://anri.go.id/publikasi/materi-kegiatan .

 

( AG )


Penulis : AG

Bagikan

Views: 853