Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Archives Authenticity and Recent Challenges

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Archives Authenticity and Recent Challenges Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Archives Authenticity and Recent Challenges Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Archives Authenticity and Recent Challenges Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Archives Authenticity and Recent Challenges

26

Jul 21

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Archives Authenticity and Recent Challenges

Jakarta - 14/07/21, Dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional Kearsipan ke-50 di Indonesia, Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali menggelar kegiatan webinar dengan tema Archives Authenticity and Recent Challenges. Webinar ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan jsecara langsung melalui saluran akun Youtube ANRI.

 

Selaku Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Konservasi Arsip, Multi Siswati memberikan sambutan dan juga sekaligus membuka acara webinar ini. Beliwu berharap peserta dapat memperolah ilmu kearsipan sebagai bentuk dasar kesadaran dalam menjaga kelestarian arsip di tempat mereka bertugas. Di samping itu, dalam menyikapi perkembangan teknologi, ANRI berupaya menangkap isu tentang autentifikasi arsip, karena pada hakekatnya arsip sangat memperhatikan aspek autentik dan keutuhan.

 

Webinar ini diikuti oleh lebih dari kurang lebih 4000 peserta yang berasal dari berbagai instansi, baik pusat maupun daerah dan berbagai kalangan. Pada webinar yang membahas tentang autentikasi arsip ini diisi oleh Prof. Luciana Duranti, seorang profesor yang memiliki kepakaran dalam teori kearsipan, diplomasi, dan preservasi arsip digital. Beliau saat ini bekerja di Arsip Nasional Kanada. Ia mengupas tentang autentikasi meliputi proses, sistem, dan prosedur yang memungkinkan dan sebaiknya dilakukan dalam melakukan autentikasi arsip. Adapun materi kegiatan dapat diperoleh dengan mengunjungi tautan https://anri.go.id/publikasi/materi-kegiatan .

 

Sebagai informasi, webinar ini merupakan rangkaian kelima atau juga rangkaian terakhir seri Webinar Preservasi Arsip yang sudah dilaksanakan sejak bulan Mei dan berakhir pada bulan Juli, yaitu Pengendalian Hama Terpadu pada Arsip (4 Mei 2021), Preservasi Arsip Digital (25 Mei 2021), Digitalisasi dan Pengelolaan Arsip Digital (15 Juni 2021), dan Restorasi Arsip Digital (29 Juni 2021).

( AG )