08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan

Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan

05

Nov 21

Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan

Transformasi digital dalam pelayanan publik harus diikuti dengan perubahan pola pikir atau mindset. Hal ini sangat diperlukan tidak hanya sekedar mengubah layanan menjadi online atau dengan menggunakan aplikasi digital, akan tetapi juga harus diikuti dengan perubahan perilaku dan budaya kerja.

Digital governance merupakan sebuah solusi dan keniscayaan dalam mengoptimalkan pelayanan publik. Transformasi digital ini juga mencakup bagaimana mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga mampu menciptakan suatu nilai tambah yang memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan.

Dalam Garuda Digital Transformation Framework 1.0 disebutkan bahwa dalam tahap awal Transformasi digital adalah perlunya mempersiapkan kepemimpinan dan budaya digital. Pada tahap persiapan ini, organisasi dapat menyelenggarakan Asesmen Digital Transformation Readiness untuk mengetahui kesiapan dari kepemimpinan, budaya, komitmen, serta aspek lainnya seperti Digital Mindset atau Pola Pikir Digital pada seluruh stakeholder organisasi.

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, Tim Agen Perubahan ANRI di bawah koordinasi Kelompok Kerja Manajemen Perubahan Reformasi Birokrasi ANRI menyelenggarakan webinar Digital Mindset yang diikuti dengan Asesmen Digital Transformation Readiness kepada seluruh pegawai serta “Bincang daring bersama Agen Perubahan” yang dilaksanakan secara daring, 3 November 2021. Tema yang diangkat dalam webinar ini “Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan”.

Tujuan dari webinar ini yakni untuk meng-internalisasi-kan pemahaman konsep digital yang tercermin dalam penerapan sehari-hari meskipun berawal dari pembiasaan dan sesuatu yang paling sederhana. Selain itu webinar juga dimaksudkan untuk memberikan masukan terhadap penyusunan kebijakan tentang Transformasi Digital di lingkungan ANRI.

Narasumber pada kegiatan “Bincang daring bersama Agen Perubahan” yakni Jaya Setiawan Gulo, Staf Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI yang merupakan seorang Influencer dan pemenang dari beberapa ajang penghargaan diantaranya Juara I ASN paling Inspiratif Nasional 2019 (KemenPAN-RB) dan Figur Paling Inspiratif 2020 (Kompas). Materi yang disampaikan mengenai “Tips & Motivasi menjadi seorang ASN Inspiratif”.

Sedangkan Narasumber pada kegiatan webinar “Digital Mindset” yakni Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit,M.Sc., MBA., Mphil., MA yang merupakan seorang Tokoh Pendidikan dan seorang Pakar Teknologi Informasi serta Transformasi Digital. Materi yang dibawakan tentang “Digital Mindset Readiness dalam menyukseskan Transformasi Digital Kearsipan”.

Melalui kegiatan webinar digital mind set ini, Kepala ANRI berharap bahwa para narasumber dapat memberikan pencerahan dalam membangun digital mind set di lingkungan ANRI.

"Melalui webinar ini, narasumber agar dapat memberikan pencerahan bagaimana menyiapkan Digital Mindset & Digital Culture termasuk Digital Leadership dalam rangkan Transformasi Digital Kearsipan. Selain itu, diharapkan narasumber agar dapat memberikan pencerahan apa saja yang mesti disiapkan oleh ANRI agar Transformasi Digital Kearsipan dapat dijalankan dengan benar pasca penyiapan Digital Mindset", ungkap Imam Gunarto.

( is )


Penulis : is

Bagikan

Views: 3125