08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI

12

Nov 21

Dewan Pertimbangan Presiden Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Jakarta - 10/11/2021. Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menyerahkan arsip statisnya kepada ANRI. Arsip Statis tersebut diserahkan oleh Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden Agus Widodo kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto di Ruang Rapat Kresna, Gedung Wantimpres lantai 2, jalan Veteran III, Jakarta Pusat.

Arsip statis yang diserahkan yakni mengenai rekomendasi, nasihat dan pertimbangan Wantimpres dalam kabinet Presiden.

Pada kesempatan ini, Agus Widodo mengungkapkan bahwa arsip yang dihasilkan oleh Wantimpres banyak berisi tentang nasihat dan pertimbangan dari Wantimpres kepada presiden, dokumen itu termasuk arsip yang rahasia, tidak boleh bocor dan bahkan hanya presiden yang tahu. 

Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan dalam kesempatan ini ANRI sebagai lembaga pembina kearsipan nasional menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Wantimpres atas kinerja yang luar biasa yaitu dalam penyerahan arsip statisnya.

Imam Gunarto juga saat menyampaikan sambutannya menyampaikan tiga Program Kearsipan Nasional yaitu Tertib Arsip, Transformasi Digital, dan Memori Kolektif Bangsa.

Imam Gunarto menambahkan tiga manfaat Wantimpres menyerahkan Arsip statisnya merupakan salah satu wujud keseriusan Wantimpres sebagai pencipta arsip melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip negara Periode 2014-2019. "Penyerahan arsip Wantimpres merupakan Mosaik sejarah dan bentuk Akuntabilitas Bangsa", terang Imam Gunarto Menutup sambutannya.

( lh )


Penulis : lh

Bagikan

Views: 1067