08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Daftarkan Arsip R.A Kartini Jadi Memory of The World, Kepala ANRI Audiensi dengan Bupati Jepara

Daftarkan Arsip R.A Kartini Jadi Memory of The World, Kepala ANRI Audiensi dengan Bupati Jepara

12

Jul 22

Daftarkan Arsip R.A Kartini Jadi Memory of The World, Kepala ANRI Audiensi dengan Bupati Jepara

Jepara - 12/07/22, - Dalam rangka pengajuan arsip Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang dikenal dengan sebutan R.A Kartini sebagai Memory of the World (MoW), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan audiensi dengan Bupati Jepara. Delegasi ANRI yang mengunjungi Jepara dipimpin langsung oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto yang juga didampingi Direktur Layanan dan Pemanfaatan, Multi Siswati dan Kepala Biro Umum, Sarip Hidayat . Pada audiensi ini, delegasi ANRI diterima Penjabat (Pj.) Bupati Jepara, Edy Supriyanta di ruang Command Center Kantor Bupati.

Pada sambutannya, Imam Gunarto menyampaikan bahwa ANRI sedang mengupayakan agar arsip R.A Kartini dapat teregistrasi menjadi MoW. Dalam mewujudkan hal tersebut, ANRI membutuhkan bantuan dan dukungan dari Kabupaten Jepara. Selain itu, Kepala ANRI juga menyampaikan bahwa R.A Kartini merupakan puncak dari kesetaraan gender. Untuk itu dirasa perlu mendaftarkan arsip-arsip kesetaraan gender agar perjuangan dalam menyetarakan gender mendapatkan pengakuan dari dunia luar. Imam Gunarto juga meminta kepada masyarakat Jepara apabila memiliki arsip pribadi mengenai tenun troso maupun kerajinan ukiran agar dikumpulkan dan disampaikan kepada ANRI untuk kemudian menjadi bahan riset agar arsip-arsip tersebut dapat terus dilestarikan dan budaya asli Jepara tidak hilang. 

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Jepara menyatakan siap mendukung penuh rencana ANRI yang dibuktikan dengan langsung memerintahkan jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jepara untuk menyiapkan seluruh keperluan yang dibutuhkan oleh ANRI dalam rangka mendaftarkan arsip R.A Kartini menjadi MoW.

Setelah audiensi, delegasi ANRI mengunjungi kediaman dari R.A Kartini yang saat ini digunakan sebagai pendopo atau rumah dinas pupati. Kemudian acara dilanjutkan dengan kunjungan ke museum R.A Kartini yang menampilkan koleksi barang-barang pribadi peninggalan R.A Kartini semasa hidupnya.

( YW )


Penulis : YW
Editor : tk

Bagikan

Views: 1938