08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bimtek Srikandi di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru

Bimtek Srikandi di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru Bimtek Srikandi di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru

27

Oct 21

Bimtek Srikandi di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru

Pekanbaru (26/10/2021) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Kota (Pemkot) Pekanbaru. Kegiatan dilaksanakan sejak 26-28 Oktober 2021 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau dan Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Bimtek dibuka dan dihadiri Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman beserta jajaran, Wakil Gubernur Riau, Brigadir Jenderal TNI (Purn.) H. Edy Afrizal Natar Nasution,  Wali Kota Pekanbaru, Firdaus serta seluruh peserta bimtek baik luring maupun yang mengikuti kegiatan secara daring.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution menyampaikan bahwa Bimtek Sistem Srikandi memegang peranan yang cukup penting dalam mendukung terselenggaranya pemerintahan berbasis elekronik dan penggunaan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis secara baik. "Pemerintah provinsi Riau tentunya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan akan terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif," ungkap Edy Nasution.

Sementara itu, Andi Kasman menyampaikan harapannya terhadap penyelenggaraan Bimtek Srikandi ini. “Dengan dilaksanakan Bimtek ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami dan siap dalam penerapan aplikasi Srikandi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Dengan harapan ke depannya dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya," terang Andi Kasman.

Lebih lanjut, Andi Kasman menyampaikan bahwa sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Aplikasi Srikandi menjadi jawaban dalam menyelesaikan berbagai tugas dunia kearsipan dengan memanfaatkan teknologi digital. “Maka dibutuhkan SDM, yakni pejabat arsiparis yang professional dan unggul,” sambungnya.

Pada kesmpatan yang sama, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi Srikandi menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas kearsipan sebagai langkah mendukung SPBE di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Bimtek ini ditujukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran setiap OPD dalam tertib arsip pada era digital dengan bertransformasi dari arsip konvensional menjadi arsip elektronik. (is)


Penulis : is
Editor : tk

Bagikan

Views: 1713