08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bimtek Aplikasi SIKD Berbasis TIK Dukung Pelaksanaan E-government dan Percepatan RB

Bimtek Aplikasi SIKD Berbasis TIK Dukung Pelaksanaan E-government dan Percepatan RB

18

Oct 13

Bimtek Aplikasi SIKD Berbasis TIK Dukung Pelaksanaan E-government dan Percepatan RB

Dalam rangka penerapan kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pengelolaan arsip dinamis, Direktorat Kearsipan Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada instansi pusat, perguruan tinggi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Rumah Sakit. Bimtek yang diikuti oleh 125 orang peserta ini dilaksanakan di Park Hotel, jalan D.I. Panjaitan kav. 5, Jakarta Timur pada 17 s.d 18 Oktober 2013. Acara bimtek dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip, Mustari Irawan, MPA.

Dalam sambutan sekaligus penyampaian key note speeh­-nya, Mustari menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini menjadi bagian dari kebijakan dan kegiatan pembinaan ANRI seiring dengan perkembangan TIK. Kegiatan pengelolaan arsip dinamis melalui Bimtek ini pun mendukung pelaksanaan e-government dan percepatan Reformasi Birokrasi.  “Ada tiga unsur pembinaan yang berkaitan dengan kegiatan ini. Pertama, melalui kegiatan dini dapat dilaksanakan koordinasi dalam penyelenggaraan kearsipan baik bagi unit kearsipan maupun lembaga kearsipan (dalam hal ini perguruan tinggi) dalam rangka penyelenggaraan kearsipan. Kedua, penyampaian Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) kearsipan. Hal tersebut berkaitan dengan aplikasi yang diberikan diciptakan sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan yang baku sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ketiga, pelaksanaan sosialisasi mengenai mater-materi kearsipan kepada peserta, “jelasnya.

Mustari pun lebih lanjut menyampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek ini memliki empat tujuan, yakni, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang kearsipan khususnya merubah cara konvensional menjadi berbasis TIK, mencapai kesepahaman dan kesamaan sudut pandang tentang kearsipan, menciptakan SDM yang kompeten di bidang kearsipan dan membangun sistem kearsipan yang mampu menyediakan arsip yang cepat, akurat dan user friendly.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini, selain menghadirkan narasumber dari ANRI juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memaparkan materi “Arsip Dikaitkan dengan Keterbukaan Informasi Publik” serta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menjelaskan “Implementasi Aplikasi SIKD di Kementerian ESDM”. Acara ditutup secara resmi oleh Direktur Kearsipan Pusat yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Subdirektorat Kearsipan Pusat II, Dra. Diah Tjaturini, MM. (TK)


Bagikan

Views: 2865