08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Terima Mahasiswa Magang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USK

BAST Terima Mahasiswa Magang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USK BAST Terima Mahasiswa Magang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USK BAST Terima Mahasiswa Magang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USK

19

Feb 24

BAST Terima Mahasiswa Magang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USK

Banda Aceh - 19/02/24, Balai Arsip Statis dan Tsunami Arsip (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima 13 mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika dan Sosiologi Universitas Syiah Kuala (USK) yang akan melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama 4 bulan ke depan di Kantor BAST.

Kehadiran mahasiswa disambut baik Plt. Kepala Subbgian Tata Usaha, Renny Setyo L dan Arsiparis BAST. Renny menyampaikan bahwa BAST siap memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, khususnya dalam bidang ilmu kearsipan. Ia menekankan bahwa etos kerja dan kedisiplinan merupakan unsur penting yang dinilai sebagai bahan konversi nantinya.

Renny juga menegaskan, melalui program MBKM mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam dalam bidang kearsipan secara merata pada bagian akuisisi, pengolahan, preservasi, dan layanan. Dengan melibatkan mahasiswa dari jurusan Manajemen Informatika dan Sosiologi, diharapkan tercipta sinergi antara keahlian teknologi informasi dan pemahaman sosial dalam pengelolaan arsip statis dan penanganan tsunami.

Selanjutnya, para mahasiswa magang ini akan mengikuti pembekalan Dasar- Dasar Kearsipan, sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa/i Program MBKM USK sebelum memulai kegiatan praktik pengelolaan arsip di BAST. Dalam waktu satu minggu ke depan, para mahasiswa akan dibekali berbagai materi kearsipan mencakup materi Pengelolaan Arsip Dinamis dan Pengelolaan Arsip Statis yang akan disampaikan  arsiparis mewakili seluruh Tim Kerja yang ada di BAST. Pembekalan ini dianggap sebagai langkah awal yang sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa/i MBKM USK dengan pengalaman praktis dan mendalam sehingga nantinya akan memudahkan mahasiswa untuk melaksanakan praktik di unit-unit kerja yang ada di BAST.

Program MBKM ini diharapkan dapat memberikan manfaat ganda, tidak hanya bagi mahasiswa yang mengikutinya tetapi juga bagi BAST. Sebagai lembaga yang peduli terhadap pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, BAST berkomitmen untuk terus mendukung program-program pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas dan  keterampilan mahasiswa di bidang kearsipan. Dengan adanya kerja sama anata ANRI dan USK, diharapkan mahasiswa yang mengikuti program MBKM di BAST juga dapat menjadi agen perubahan yang mampu memberikan kontribusi positif di berbagai sektor, termasuk dunia kearsipan.

( arn/han )


Foto : BAST
Penulis : arn/han
Editor : tk

Bagikan

Views: 966