08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Arsip Radio Rimba Raya menuju Memori Kolektif Bangsa

Arsip Radio Rimba Raya menuju Memori Kolektif Bangsa Arsip Radio Rimba Raya menuju Memori Kolektif Bangsa Arsip Radio Rimba Raya menuju Memori Kolektif Bangsa Arsip Radio Rimba Raya menuju Memori Kolektif Bangsa

06

Dec 22

Arsip Radio Rimba Raya menuju Memori Kolektif Bangsa

Banda Aceh – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "National Collective Memory of Radio Rimba Raya Archive (Memori Kolektif Bangsa Radio Rimba Raya)" dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Aceh (DPKA), Selasa, 6 Desember 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menguatkan arsip Radio Rimba Raya sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB) dan juga sebagai momentum perwujudan gerakan Aceh sadar arsip. 

Turut hadir sebagai Narasumber diantaranya Dr. Mukhlis Paeni, Kepala ANRI periode 1998-2003, Dr. M. Taufik, M.Si, Plt. Kepala ANRI periode 2019-2021, Ikmal Gopi, Peneliti dan Sutradara Film serta Drs. Mawardi Umar, M.Hum, Dosen Universitas Syiah Kuala dan Sejarawan Aceh. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Dr. Edi Yandra, S. STP, MSP, Kepala DPKA. Dalam sambutannya, Edi menyampaikan bahwa peran Aceh sangat penting dalam penyelamatan kelangsungan kemerdekaan Indonesia. Melalui Radio Rimba Raya, Indonesia dapat menyuarakan kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia.

Kegiatan dipandu langsung oleh  Muhamad Ihwan, S.Sos, M.Si, Kepala BAST. Sebagai moderator, Ihwan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan membuka tabir mengenai peran Radio Rimba Raya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Forum diskusi ini membahas mengenai aspek penting dalam penobatan Radio Rimba Raya sebagai Memori Kolektif Bangsa serta masukan-masukan penelusuran arsip-arsip yang ada di Aceh.

"Arsip Radio Rimba Raya merupakan acuan kita sebagai bukti bahwa Aceh memilih Indonesia dan juga ikut dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tutup Ihwan.

Radio Rimba Raya merupakan media komunikasi yang sangat vital pada masa perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1948-1949. Radio ini dijadikan sebagai sarana komunikasi perjuangan untuk menangkis propaganda musuh yang berusaha melemahkan semangat para pejuang. Melalui Radio Rimba Raya pula, berita mengenai kemerdekaan Indonesia dapat disebarluaskan ke seluruh pelosok dunia.

Perjalanan historis Radio Rimba Raya dalam mempertahankan  kemerdekaan Indonesia inilah yang membuat Radio Rimba Raya pantas dijadikan sebagai Memori Kolektif Bangsa. Arsip-arsipnya merupakan komitmen kolektif yang membuktikan bahwa eksistensi Indonesia masih ada kala itu.

( Sr )


Penulis : Sr

Bagikan

Views: 1142