08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Arsip Aset, Tolok Ukur Pemberian Opini WTP

06

Sep 13

Arsip Aset, Tolok Ukur Pemberian Opini WTP

Aset negara merupakan barang milik negara yang menjadi salah satu bagian dari kekayaan negara yang perlu dikelola dengan baik dan benar. Dalam rangka menjaga, memelihara dan menyelamatkan kekayaan negara itu, perlu diimbangi dengan pengelolaan arsip aset yang baik. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Aset pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Hotel Novotel Bangka pada tanggal 5 September 2013.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Yosephine Hutagalung menyampaikan, ”Tujuan terselenggaranya acara Bimtek ini adalah agar pemahaman akan pentingnya dokumen/arsip aset, membawa kita pada kesadaran untuk mengelola arsip aset dengan baik, dan penuh tanggung jawab sehingga pengelolaan arsip aset menjadi akuntabel dan dapat dijadikan tolok ukur dalam pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemerikasa Keuangan (BPK).”

Acara yang diselenggarakan di Negeri Serumpun Sebalai itu dibuka langsung oleh     Plh. Walikota Pangkalpinang, H. Fery Insani. Dalam sambutannya, Fery Insani menyampaikan, “melalui bimbingan teknis pengelolaan arsip aset daerah bagi pemerintahan kabupaten/ kota ini, peserta bimtek dapat merancang, mensinergikan serta melaksanakan berbagai kebijakan dalam pengelolaan aset sehingga diharapkan dapat meningkatkan kehandalan dan sikap profesionalisme para pengelola arsip aset,” Ungkapnya. Lebih lanjut Beliau menambahkan pentingnya pengelolaan tertib arsip aset. “Bila arsip aset telah tertangani dengan baik dan tertib dalam administrasi pengelolaan, maka jaminan keamanan dalam pemeliharaan aset dapat lebih dipastikan”. Tambahnya.

Bimtek diikuti oleh peserta  dari Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau Kepulauan, Unit yang membidangi Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah Kabupaten/Kota, Satuan Kerja Pemerintah Daerah  di wilayah Provinsi Bangka Belitung dan Kota Pangkal Pinang, serta pejabat struktural, arsiparis dan staf  di lingkungan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah di Kota Pangkal Pinang. Turut sebagai narasumber Direktur Kearsipan Daerah Widarno SH, dan mantan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia M. Asichin SH., M.Hum. (sa).


Bagikan

Views: 2459