08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Serahkan Citra Daerah Kota Pekanbaru ANRI Serahkan Citra Daerah Kota Pekanbaru

27

Oct 21

ANRI Serahkan Citra Daerah Kota Pekanbaru

Pekanbaru (27/10/2021) - Pemerintah Kota Pekanbaru menerima Citra Daerah Kota Pekanbaru dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Citra Daerah tersebut diserahkan langsung Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman kepada Wali Kota Pekanbaru, Firdaus dengan disaksikan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Komplek Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Edy Natar Nasution menyampaikan bahwa Arsip Citra Daerah Kota Pekanbaru merupakan harta yang sangat berharga, warisan nasional yang perlu dipelihara dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Tingkat keberadaban suatu bangsa juga dapat terlihat dari bagaimana sistem pemeliharaan kelestarian arsipnya. "Lembar demi lembar yang ada dalam buku Citra Daerah Pekanbaru menggambarkan tentang dinamika kota Pekanbaru dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara," terangnya.

"Selamat kepada kota Pekanbaru atas penyerahan Citra Daerah dari ANRI. Semoga bermanfaat bagi masyarakat kota Pekanbaru dan Provinsi Riau pada umumnya," tambah Edy.

"Melalui kolaborasi inovasi antara sumber daya manusia ANRI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dan Sejarahwan Kota Pekanbaru, program Citra Daerah Kota Pekanbaru ini sangat berpotensi menghasilkan sebuah mozaik sebagai upaya mengungkapkan kembali memori kolektif daerah Kota Pekanbaru", ungkap Andi Kasman.

Andi Kasman menambahkan bahwa khazanah arsip negara mengenai Kota Pekanbaru banyak tersimpan di ANRI dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru. Di dalam khazanah arsip tersebut, di antaranya memuat informasi mengenai keindahan alam, keanekaragaman suku bangsa dan agama menjadi anugerah yang amat berharga bagi Kota Pekanbaru. Ciri khas religius dan semangat mempertahankan adat istiadat budaya melekat pada masyarakatnya. Kebersaamaan dan hidup bergotong royong tercermin saat masyarakat saling bekerja sama dan membangun rumah serta menciptakan lingkungan yang aman dan selaras dengan alam melalui bangunan rumah tradisional yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus sangat menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada ANRI yang telah menyerahkan Citra Daerah Kota Pekanbaru. Menurut Firdaus, bahwa arsip memiliki peranan yang sangat penting dan strategis sebagai warisan budaya dan sejarah untuk pembelajaran pada generasi mendatang.

“Arsip menunjukkan kita bangsa yang berperadaban. Oleh sebab itu, betapa pentingnya arsip ini. Contohnya saja bagaimana perkembangan sejarah Kota Pekanbaru tertuang dalam catatan seorang batin pada awal abad 17 lalu. Tanpa cerita, tanpa arsip, kita tidak akan tahu sejarah,” ungkapnya.

( is )


Penulis : is
Editor : tk

Bagikan

Views: 954