08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Uji Kompetensi Kearsipan secara Online

ANRI Selenggarakan Uji Kompetensi Kearsipan secara Online

23

Apr 20

ANRI Selenggarakan Uji Kompetensi Kearsipan secara Online

Jakarta - 03/04/20, Jakarta - (23/04/2020) Di tengah merebaknya pandemi Covid-19 dan penerapan physical distancing serta anjuran Work From Home (WFH) guna memutus mata rantai Covid-19, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat SDM Kearsipan dan Sertifikasi tetap memberikan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Kearsipan bagi PNS yang akan diangkat dalam Jabatan Fungsional Arsiparis melalui Inpassing secara online. Kegiatan Uji Kompetensi kearsipan bagi PNS yang akan diangkat dalam Jabatan Fungsional Arsiparis ini diharapkan mampu mencetak Arsiparis dalam rangka memenuhi kebutuhan arsiparis nasional yang jumlahnya masih sangat minim.

Kegiatan uji kompetensi kearsipan secara online dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 9 April 2020 menggunakan media Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 80 (delapan puluh) orang peserta yang terbagi 4 termin, yakni termin pertama tanggal 3 April 2020, termin kedua tanggal 6 April 2020, termin ketiga tanggal 7 April 2020 dan termin keempat tanggal 9 April 2020 yang masing-masing termin diikuti 20 (dua puluh) orang peserta. Para peserta uji kompetensi kearsipan ini berasal dari berbagai kementerian/lembaga dan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota di Indonesia yang telah mengirimkan berkas portofolio permohonan inpassing ke dalam Jabatan Fungsional Arsiparis dan telah dinyatakan lolos verifikasi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari ini diawali dengan pembukaan oleh Drs. Sumrahyadi, MIMS. selaku Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, dilanjutkan dengan pengarahan oleh Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi (Wawan, SIP., MAP.) dan Kepala Subdirektorat SDM Kearsipan (Abdullah Shobri, SE., MAB.) Tahapan kegiatan uji kompetensi kearsipan yang dilaksanakan secara online yakni Ujian Tertulis, Ujian Wawancara, Pengumpulan Makalah/Karya Tulis bagi calon Arsiparis yang akan menduduki jenjang Arsiparis Ahli Muda dan Ahli Madya, serta Presentasi Makalah/Karya Tulis bagi calon Arsiparis yang akan menduduki jenjang jabatan Arsiparis Ahli Madya. Adapun Asesor dalam kegiatan Uji Kompetensi Kearsipan ini antara lain Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi (Wawan, SIP., MAP. ), Kepala Subdirektorat SDM Kearsipan (Abdullah Shobri, SE., MAB.), Kepala Subdirektorat Sertifikasi (Drs. Gunawan), dan Arsiparis Ahli Utama (Drs. Bambang Parjono Widodo, M.Si.), serta Arsiparis Ahli Madya (Iyos Rosidah, SAP., M.Hum., Drs. Tamsir, Damaris Butarbutar, SE. dan Dra. Siti Nurhayati).

(Rb)

( Rb )


Penulis : Rb

Bagikan

Views: 4292