08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI SELENGGARAKAN EKSPOSE GUIDE ARSIP WILAYAH PERBATASAN NKRI

ANRI SELENGGARAKAN EKSPOSE GUIDE ARSIP WILAYAH PERBATASAN NKRI

28

Nov 12

ANRI SELENGGARAKAN EKSPOSE GUIDE ARSIP WILAYAH PERBATASAN NKRI

Sebagai salah satu wujud keseriusan dalam mengelola arsip statis yang berkaitan dengan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Pengolahan melaksanakan Ekspose Guide Arsip Wilayah Perbatasan NKRI pada 28 November 2012. Ekspose ini dilaksanakan di Swiss-Bell Hotel, Jln. Kemang Raya No. 7 Jakarta Selatan dan diikuti 55 orang peserta, baik berasal dari internal ANRI maupun eksternal ANRI. Kegiatan ekspose bertujuan untuk memperoleh masukan, saran dan tanggapan dari narasumber, pembicara dan peserta ekspose agar tercipta guide arsip yang baik.

Pemaparan materi disampaikan oleh Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah, Badan Informasi Geospasial Dr. Ing. Khafid yang menyampaikan Status Terkini Batas Wilayah NKRI. Selanjutnya Direktur Pengolahan, Drs. Azmi, M.Si yang menjelaskan Kebijakan Pengolahan Arsip Statis dalam Rangka Peningkatan Akses dan Mutu Layanan Arsip Statis di ANRI. Kemudian Direktur Wilayah Administrasi dan Perbatasan, Eko Subowo menyampaikan Kebijakan, Kewenangan, dan Kelembagaan Pengelolaan Perbatasan Negara Berdasarkan UU Nomor 43 Tahun 2008.

Peserta Ekspose Guide Arsip Wilayah Perbatasan NKRI

Materi selanjutnya disampaikan Kepala Subdirektorat Tata Ruang Laut Nasional dan Perairan Yurisdiksi, Sigit PD yang membahas Permasalahan Pulau-Pulau Terkecil Terluar Wilayah Perbatasan RI. Kemudian materi penutup disampaikan Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI, Rudi Anton, SH., MH. yang memaparkan Penyelenggaraan Arsip Wilayah Perbatasan dalam Perspektif Hukum Kearsipan. Pada kesempatan ini beliau memaparkan bahwa arsip yang menyangkut masalah perbatasan merupakan salah satu dari arsip yang dikategorikan sebagai arsip terjaga sebagaimana diatur pada UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. (TK)


Bagikan

Views: 2429