Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta

ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta

26

Feb 21

ANRI Selamatkan Arsip Warisan Budaya Kasunanan Surakarta

ANRI, Solo (26/02/21) - Perjalanan terbentuknya Republik Indonesia memiliki sejarah yang sangat Panjang. Di antara perjalanan panjang sejarah tersebut, dulu Indonesia dikenal sebagai nusantara karena terdiri dari ribuan pulau memiliki ratusan kerajaan dengan berbagai kejayaannya yang berkontribusi dalam terbentuknya Indonesia. Bukti keberadaan kerajaan-kerajaan tersebut begitu penting bagi Bangsa Indonesia dalam merajut peradaban bangsa sebagai memori kolektif bangsa Indonesia.

 

Bukti-bukti peninggalan kerajaan-kerajaan tersebut tersimpan dalam berbagai media simpan seperti artefak, daun lontar, bangunan bersejarah dan sebagainya, yang dapat ditelusuri melalui peninggalan arsipnya. Arsip-arsip tersebut perlu ditelusuri, diselamatkan dan dilestarikan supaya dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat sebagai warisan budaya Indonesia. Melalui program penyelamatan arsip statis nasional dan warisan budaya, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan edukasi, asistensi, dan fasilitasi terhadap penyelamatan arsip warisan budaya di kerajaan-kerajaan dan pusat-pusat kebudayaan di Indonesia.

 

Direktur Preservasi, Kandar memimpin langsung tim penyelamatan arsip warisan budaya di Museum Radya Pustaka Surakarta pada tanggal 22 s.d. 26 Februari 2021. Arsip yang diselamatkan sebagian besar berupa arsip peninggalan kerajaan besar Kasunanan Surakarta yang mengalami kerusakan karena faktor usia dan bencana dari faktor biologi berupa jamur dan binatang. Arsip yang berhasil diselamatkan oleh tim ANRI melalui metode restorasi (enkapsulasi dan laminasi) dan digitalisasi berjumlah lebih dari 400 arsip. Hasil pekerjaan tim ANRI diserahkan langsung oleh Direktur Preservasi, Kandar  kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Agus Santoso dan Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Surakarta, Agus Wahyono berupa arsip digital sebagai back up. 

 

Program penyelamatan arsip warisan budaya nasional yang telah dilakukan sejak tahun 2007-2019 sebanyak 18.347 arsip pada 17 kerajaan dan pusat kebudayaan. Program ini diharapkan terus berkelanjutan dan dapat dikembangkan secara masif pada seluruh pusat kebudayaan dan kerajaan nusantara. Sinergitas ANRI dengan seluruh Lembaga Kearsipan Daerah, perguruan tinggi, badan usaha, dan masyarakat akan terus dibangun supaya arsip warisan budaya lestari dan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan demikian, diharapkan program penyelamatan arsip warisan budaya nasional turut berperan serta dalam mempercepat pembangunan revolusi mental seluruh anak bangsa melalui nilai-nilai luhur dan tinggi makna yang dapat mereka dipelajari. 

( PN )