08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selamatkan Arsip Dinas Kelautan dan Pertanian

ANRI Selamatkan Arsip Dinas Kelautan dan Pertanian

13

May 13

ANRI Selamatkan Arsip Dinas Kelautan dan Pertanian

Jum’at 10/5, ANRI menyerahkan  arsip milik Dinas  Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI Jakarta yang diperbaiki setelah terendam saat musibah banjir melanda Jakarta awal tahun 2013. Arsip-arsip tersebut terdiri dari 1,185 bundel bukti kegiatan, 216 lembar Sertifikat Kalibrasi, dan 86 lembar foto dokumentasi kegiatan yang berhasil diselamatkan  oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sejak  dievakuasi pada tanggal 25 Januari 2013, agar dapat dimanfaatkan kembali. Arsip diserahkan setelah direstorasi dengan proses pekerjaan sekitar satu bulan dengan tenaga restorator 10 (sepuluh) orang.

Penyerahan dilaksanakan di ruang restorasi arsip gedung G ANRI oleh Diraktur Preservasi Arsip, Drs Imam Gunarto, M.Hum dan diterima oleh Kepala UPT BPMPHP Dinas Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI Jakarta, Dr. Ir. Riana Faiza, M.Si. Kepala UPT BPMPHP menyatakan kagum dan terima kasih kepada pihak ANRI yang telah berupaya menyelamatkan arsip sehingga dapat digunakan kembali. Dalam sambutannya Direktur Preservasi Arsip menyatakan rasa terima kasih kepada tim restorasi ANRI yang telah berupaya dengan penuh semangat dalam memulihkan arsip sehingga dapat dipergunakan kembali.

Arsip ditangani melalui proses pembekuan dan pengeringan dengan alat Vacum Freeze Dry Chamber yang dimiliki ANRI. Setelah arsip dapat dibuka kembali dilakukan pembersihan sampai dengan penataan dan pendataan untuk memudahkan pencarian arsip yang dubutuhkan. (Spy)


Bagikan

Views: 2285