08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips

ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips

09

Dec 22

ANRI Gelar Media Gathering Bahas Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips

Sebagai upaya dalam menyampaikan urgensi di bidang kearsipan untuk organisasi maupun memori kolektif dan memberikan sosialisasi gambaran umum khazanah arsip statis yang dilestarikan ANRI kepada redaksi media massa, ANRI kembali gelar Media Gathering dengan tema “Ngopi Bareng: Eksplorasi Arsip: Potensi, Strategi dan Tips” . Acara yang dikemas dalam bentuk bincang-bincang santai ini dihadiri oleh sekitar 20 undangan yang berasal dari berbagai media massa.

Dengan menghadirkan narasumber Kepala ANRI, Imam Gunarto, Anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizami Karsayuda dan Pemerhati Sejarah dan Kearsipan, Asep Kambali, acara diselenggarakan di Rumah Makan Teras Budhe, Jakarta Selatan.

Kepala ANRI, Imam Gunarto mengajak kepada media yang hadir untuk memanfaatkan arsip dengan sebaik-baiknya sebagai sarana mengedukasi dan memberikan informasi yang mencerahkan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Rifqinizami menyampaikan ANRI memiliki anggaran yang kecil jika dibandingkan dengan jangkauan tugasnya, ANRI memiliki persoalan mencari arsip yang kita tahu arsip tersebut ada tapi tidak diketahui keberadaannya. Salah satu tugasnya, ANRI terus berupaya untuk mencari dan melakukan akuisisi terhadap arsip tersebut.

Selain itu ANRI memiliki peran untuk menggandeng setiap instansi untuk mengklasifikasikan arsip sesuai dengan level nasional, kota maupun kabupaten. Kedepan harapannya dukungan budgeting untuk ANRI lebih memungkinkan untuk mengakomodir tugas-tugas tersebut. Selain itu kita berterima kasih kepada media yang menggunakaan source murni dari ANRI. "Kedepan diharapkan bagaimana cara teman-teman media dalam mengemas acara-acara yang menggunakan arsip sebagai sumber menjadi kemasan yang menarik minat dan kesadaran masyarakat terhadap arsip. Komisi II akan terus bergotong royong untuk mensuport kearsipan dan ANRI," ungkapnya.

Asep Kambali menyampaikan bahwa ANRI menyimpan aset negara yang menjadi bukti bahwa negara Indonesia ada. ANRI menyimpan setiap rekam peristiwa bagaimana Indonesia didirikan.  Selain itu ia menyampaikan juga bhawa pada kegiatan jumpa komunitas yang diselenggarakan pada 6 Desember lalu sebanyak 66 komunitas kesejarahan telah membentuk jaringan komunitas #sahabatarsip yang dipayungi oleh ANRI berkomitmen untuk mendukung dan menjadi bagian dalam meningkatkan penyelenggaraan kearsipan di tingkat pusat dan daerah serta mendukung optimalisasi program pemanfaatan khazanah arsip di lembaga kearsipan yang lebih edukatif, kreatif, dan komunikatif bagi masyarakat.

Selain membicarakan tentang tugas pokok dan fungsi ANRI, forum ini juga membahas tentang bagaimana ANRI menyelamatkan arsip penanganan pandemi Covid-19. Adapun arsip penanganan pandemi covid-19 yang telah diselamatkan sekitar 7800-an arsip yang telah diakuisisi dari 18 lembaga.

Pada akhirnya, acara ini penting bagi ANRI untuk membangun hubungan dan menjaring aspirasi dengan media massa sebagai sebuah upaya internalisasi urgensi bidang kearsipan di masyarakat.

( PI )


Penulis : PI

Bagikan

Views: 1545