08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip

ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip

26

Aug 21

ANRI Gelar Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip

Jakarta - 26/08/21, Jakarta. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip secara virtual melalui aplikasi Zoom dan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional RI, Kamis (26/8). Bimtek ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Memori Kolektif Bangsa yang diselenggarakan oleh ANRI dari tanggal 23 s.d. 27 Agustus 2021.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Direktur Layanan dan Pemanfaatan ANRI, Multi Siswati menyampaikan melalui penerbitan Naskah Sumber dan Pameran Arsip diharapkan informasi yang disajikan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Penerbitan Naskah Sumber dan Pameran adalah salah satu bentuk  dari akses dan pemanfaatan arsip yang diharapkan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa karena menyajikan informasi yang bersumber dari arsip yang dalam bentuk konvensional dan digital mengikuti perkembangan teknologi informasi. Penerbitan naskah sumber dan pameran arsip virtual pada hari ini, merupakan program ANRI yang telah direplikasi oleh beberapa lembaga kearsipan daerah dan perguruan tinggi,” terang Multi Siwati dalam sambutan.

Multi Siswati juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi yang telah berkomitmen menyelamatkan, memelihara, menjaga dan memberikan akses seluas-luasnya warisan memori kolektif bangsa  yang terekam dalam arsip kepada masyarakat.

Bimtek Penyusunan Naskah Sumber dan Pameran Arsip dimoderatori oleh Arsiparis Madya sekaligus Koordinator Kelompok Substansi Pemanfaatan dan Penerbitan Naskah Sumber, Mira Puspita Rini. Adapun pemateri pada bimtek ini di antaranya Head of Digitization of the National Archives of the Netherlands, ir. J.A. (Arjan) Agema, Dosen ilmu Sejarah Universitas Gadjah Mada, Dr. Sri Margana, M. Phil, CEO and Founder iHeritage.id, Revi Kuswara, dan Kurator, Erwien Kusuma. (SA)


Penulis : SA

Bagikan

Views: 1273