08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Acara Launching Uji Coba AUBKD, Penyerahan Nilai Merit Sistem dari KASN, dan Pendandatanganan Kerja Sama dengan YPPK

ANRI Gelar Acara Launching Uji Coba AUBKD, Penyerahan Nilai Merit Sistem dari KASN, dan Pendandatanganan Kerja Sama dengan YPPK

15

Oct 20

ANRI Gelar Acara Launching Uji Coba AUBKD, Penyerahan Nilai Merit Sistem dari KASN, dan Pendandatanganan Kerja Sama dengan YPPK

Jakarta (15/10/20) – Sebagai implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bidang kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) merilis uji coba Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis (AUBKD). Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan nilai merit sistem dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan penandatangan kerja sama antara ANRI dengan Yayasan lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan (YPPK) di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, ANRI.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Komisi KASN Agus Pramusinto, Anggota Komisioner KASN Mustari Irawan, dan Ketua YPPK, Osi Suheili. Adapun para undangan dari Kementerian/Lembaga dan seluruh pegawai di lingkungan ANRI mengikuti acara secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam sambutannya, Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala ANRI M. Taufik menyampaikan bahwa uji coba penerapan AUBKD telah dimulai sejak tanggal 5 hingga 23 Oktober 2020 yang dilakukan melalui serangkaian bimbingan teknis secara daring dan uji coba pengoperasian semua fitur dan modul yang terdapat dalam aplikasi. Delapan instansi yang dilakukan uji coba penerapan di antaranya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat RI, Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Kepegawaian Negara, Lembaga Administrasi Negara, dan ANRI.

Sementara itu, Ketua KASN, Agus Pramusinto dalam sambutannya menyatakan bahwa hasil penilaian sistem merit ANRI memperoleh kategori baik dengan indeks sistem merit 0.69 dan nilai sistem merit 285.5. Plt. Kepala ANRI, M. Taufik berharap dengan pencapaian tersebut, ANRI diberi kesempatan untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi  dari talent pool namun dengan persyaratan tertentu dan pengawasan, serta dievaluasi setiap tahun.

Adapun penyelenggaraan kerja sama antara ANRI dan YPPK menjadi wujud nyata sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kearsipan nasional, khususnya di bidang pengembangan sumber daya manusia kearsipan. 

( TH )


Penulis : TH
Editor : Tk

Bagikan

Views: 1038