08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI DAN UNNES TANDATANGANI KESEPAHAMAN BERSAMA

ANRI DAN UNNES TANDATANGANI KESEPAHAMAN BERSAMA

13

Jan 13

ANRI DAN UNNES TANDATANGANI KESEPAHAMAN BERSAMA

Bertempat di Fakultas Ilmu Sosisal (FIS) Universitas negeri Semarang (Unnes), Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Asichin, S.H., M.Hum. menandatangani Kesepahaman Bersama dengan Pembantu Rektor (PR) IV Unnes Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Kesepahaman bersama yang ditandatangani pada 11 Januari 2013 di Kampus Unnes, Gunungpati, Semarang ini merupakan salah satu wujud keseriusan ANRI dalam melakukan pembinaan terhadap Arsip Perguruan Tinggi (University Archives). Moment bersejarah bagi ANRI dan Unnes ini turut pula disaksikan oleh PR I Bidang Akademik, PR III Bidang Kemahasiswaan, Dekan dan Pembantu Dekan di lingkungan Unnes, Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provisinsi Jawa Tengah beserta jajarannya, serta Dosen dan mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah FIS Unnes.

Dalam sambutannya, Kepala ANRI mengungkapkan bahwa ANRI dapat menjalin kerja sama dengan Unnes dalam mengembangkan dan menjaga sejarah bangsa. “Kami berharap kerja sama ini benar-benar terwujud nyata terutama dalam peningkatan sumber daya manusia,” tegas Kepala ANRI. Sedangkan PR IV Unnes menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik atas penandatangan kesepahaman bersama ini. “Melalui kerja sama ini, ANRI akan menjadi rekan kerja sama yang akan memfasilitasi mahasiswa dalam memperoleh ilmunya, khususnya di bidang sejarah dan dapat memberikan dampak positif  dalam peningkatan berbagai hal terutama pendidikan,” tambahnya.

Ruang lingkup kesepahaman bersama anatara Unnes dengan ANRI mencakup pengembangan lembaga kearsipan Perguruan Tinggi (University Archives) dalam rangka peningkatan peran perguruan tinggi melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi; pembinaan sistem informasi kearsipan dinamis dan statis berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka penyelamatan dan pelestarian arsip; penyelenggaraan kegiatan ilmiah melalui penelitian, lokakarya, sarasehan, seminar dan sosialisasi di bidang kearsipan; dan peningkatan Sumber Daya Manusia kearsipan melalui kegiatan pelatihan, bimbingan teknis, dan magang di bidang kearsipan.

Usai acara penandatanganan kesepahaman bersama, Kepala ANRI memberikan kuliah umum kepada mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah Unnes dengan tema “Arsip sebagai Perekat Nasionalisme Bangsa”. Sebelum perkuliahan dilaksanakan, diawali pemutaran film pendek Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa. (TK)


Bagikan

Views: 2359