08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan SARBICA Gelar Seminar Internasional Manajemen Penanggulangan Bencana terhadap Arsip

ANRI dan SARBICA Gelar Seminar Internasional Manajemen Penanggulangan Bencana terhadap Arsip

30

Sep 13

ANRI dan SARBICA Gelar Seminar Internasional Manajemen Penanggulangan Bencana terhadap Arsip

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Asosiasi Lembaga Kearsipan Asia Tenggara atau South East Asian Branch of International Council on Archives (SARBICA) menyelenggarakan Seminar Internasional tentang Manajemen Penanggulangan Bencana terhadap Arsip di Era Digital pada 26 s.d 28 September 2013 di Hotel Savoy Homman, jalan Asia Afrika nomor 112, Bandung. Rangkaian kegiatan seminar yang dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Azwar Abubakar bertujuan untuk menyusun naskah rekomendasi dan kesepakatan dalam rangka penyusunan kebijakan, metode dan teknik penanggulangan bencana terhadap arsip. Seminar internasional ini diikuti 200 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri terutama negara-negara anggota SARBICA. Selain itu, hadir pula delegasi dari negara-negara selain anggota SARBICA seperti Jepang dan China sebagai negara peninjau. ANRI pun turut menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat sebagai tuan rumah event besar tersebut.

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara, Azwar Abubakar menyampaikan bahwa event ini harus dijadikan ajang untuk memecahkan permasalahan kearsipan, khususnya tentang cara mencegah, menanggulangi dan memulihkan arsip dari kerusakan akibat bencana yang kerap terjadi di kawasan ASIA tenggara. “”Kearsipan pun harus mampu menjamin terpeliharanya hak-hak keperdataan rakyat dan terselamatkannya memori kolektif nasional. Diharapkan melalui seminar ini kita semua dapat bersama-sama mencari solusi terbaik dan tepat guna terutama dalam proses restorasi dan digitalisasi arsip pascabencana.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jawa Barat, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat, Wawan Ridwan turut hadir dan menyampaikan sambutannya di hadapan peserta seminar. Dalam sambutan dibacakannya, disampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara ini dan berharap melalui kegiatan seminar tersebut dapat dihasilkan berbagai gagasan dan solusi dalam penyelamatan dan preservasi arsip sebagai aset bangsa dan memori kolektif dari berbagai bencana.

Selain menyelenggarakan seminar internasional, ANRI juga menjadi tuan rumah 19th Executive Board Meeting yang diikuti oleh Kepala Arsip Nasional dari berbagai negara anggota SARBICA. Dalam acara pembukaan rangkaian kegiatan, ANRI pun meluncurkan laman Sejarah Nusantara yang menyediakan akses masyarakat terhadap arsip pada abad ke-17 s.d 18 yang tercipta di Nusantara (masa Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC) yang tersimpan di ANRI. Situs web ini merupakan hasil kerja sama ANRI dengan CORTS Foundation. (TK)


Bagikan

Views: 2221