Rekomendasi Pemusnahan Arsip

Bahwa dalam rangka efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip  telah diatur mengenai tata cara penyimpanan, pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan arsip .


Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2012 ini diatur mengenai kegiatan-kegiatan untuk memberikan pedoman yang dapat digunakan sebagai dasar atau pegangan dalam melaksanakan penyerahan dan pemusnahan arsip  melalui tahap-tahap yang ditentukan.


Kegiatan-kegiatan penyerahan dan pemusnahan arsip  tersebut, merupakan salah satu sarana penting untuk menyelamatkan dan melestarikan bahan bukti resmi yang mempunyai nilai guna bagian kepentingan nasional dan untuk mengatasi penimbunan arsip  yang tidak berguna, mengurangi beban penyimpanan, dan menghemat ruangan serta memungkinkan terkumpulnya arsip  yang selektif.

Dengan demikian akan dapat dihindarkan kemungkinan musnahnya arsip  yang mempunyai nilai guna ataupun yang mengandung nilai informasi yang mempunyai nilai guna bagi kepentingan nasional.

Hal-hal yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini meliputi beberapa ketentuan umum yang berlaku untuk penyerahan dan pemusnahan arsip , arsip  yang wajib diserahkan kepada Arsip Nasional, tata cara penyerahan arsip , arsip  yang dapat dimusnahkan, dan tata cara pemusnahan arsip.

RECENT POSTS

KEMENHUB SERAHKAN ARSIP STATISNYA KE ANRI DAN CANANGKAN GNSTA

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serahkan arsip statisnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia. Arsip statis Kemenhub diserahkan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Kepala ANRI, Mustari Irawan di Kantor Kemenhub, Medan Merdeka Barat, Jakarta (13/11).

Arsip Kemenhub yg diserahkan ke ANRI berisi mengenai kebijakan yg terkait dengan sektor perhubungan dan kerja sama luar negeri sejumlah 42…

Sinergitas dan Semangat Pengelolaan Arsip Statis pada Kedeputian Bidang Konservasi Arsip

Bogor (8/11/2018) Kedeputian Bidang Konservasi Arsip terus berupaya meningkatkan sinergitas dan semangat pengelolaan arsip statis dengan melaksanakan kegiatan dalam bentuk rapat kerja bersama se-Kedeputian Bidang Konservasi Arsip yang bertujuan membangun kebersamaan seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Bidang Konservasi Arsip dalam rangka menguatkan ikatan kekeluargaan, membangun kekuatan jiwa raga, dan kemampuan interaksi sesama pegawai untuk mewujudkan sinergitas se-Kedeputian Bidang…

ANRI GELAR RAKOR PENYELAMATAN ARSIP BUMN

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan penyelenggaraan kearsipan dan penyelamatan arsip di lingkungan BUMN (7/11) di Jakarta.

Rakor  dibuka oleh Kepala ANRI Mustari Irawan, dalam pengarahannya Mustari berharap bahwa Rakor ini adalah disamping membangun pemahaman dan persepsi yang sama tentang pentingnya arsip atau dokumen perusahaan BUMN serta penting juga untuk kelanjutan status dari dokumen tersebut.

Rakor…