TRAINING ON RECORD AND ARCHIVES MANAGEMENT FOR PALESTINE

06 Agustus 2018

Kepala ANRI, Mustari Irawan, membuka program Training on Records and Archives Management For Palestine: Management of Electronic Records.

 

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi, Executive Director of National Archives of the Republic Philippines, Mr. Victorino Mapa Manalo dan Counselor of the Palestine Embassy, Mr. Taher Hamad serta Direktur Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri RI, Mohammad Syarif Alatas.

 

Dalam sambutannya Kepala ANRI menyampaikan bahwa perkembangan teknologi telah berubah dengan cepat. Hal ini membawa pengaruh yang signifikan bagi negara dan bangsa khususnya di bidang reformasi birokrasi dan akuntabilitas publik. Untuk melaksanakan reformasi birokrasi yang efektif dan akuntabel, aparatur negara harus melakukan transparansi diberbagai bidang, termasuk didalamnya transparansi di bidang layanan informasi publik dan akses publik.

 

Aparatur negara harus menjadi profesional dan kreatif dalam penerapan kemajuan teknologi.  Menjadi kreatif di bidang layanan informasi publik dan akses akan berarti bahwa aparatur negara dapat mengembangkan metode baru berdasarkan catatan dan manajemen arsip. Hal ini sangat penting karena catatan dan arsip adalah sumber informasi.

 

Kepala ANRI menyampaikan tujuan dilaksanakan program Training on Records and Archives Management For Palestine adalah:

Pertama, pelatihan ini dilakukan untuk berbagi pengetahuan tentang catatan dan manajemen arsip terutama di bidang manajemen pencatatan elektronik/digital. Kedua, pelatihan ini dilakukan untuk menunjukkan simpati dan dukungan Indonesia bagi kebebasan Palestina. Terakhir, ada harapan membangun kesadaran pada catatan dan arsip. Catatan dan arsip adalah tulang punggung administrasi negara. Hanya dengan memiliki kompetensi sumber daya manusia di bidang pencatatan dan pengelolaan arsip; maka suatu negara dapat mengelola negara mereka.

 

Pelatihan ini adalah salah satu program prioritas nasional ANRI. Program ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik pada catatan dan manajemen arsip. Program ini telah dilakukan sejak 2009 hingga 2019 dan menjadi perhatian Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. "ANRI sangat menghargai partisipasi Filipina dalam pelatihan ini sebagai rekan kami yang baik di kawasan ASEAN", ujar Kepala ANRI.

 

Training Course di laksanakan di Bogor pada 6 Agustus – 11 Agustus 2018 dan diikuti oleh 25 peserta dari Palestina serta 5 peserta dari Philippina.(lnh)

 

Biro Perencanaan dan Humas, ANRI

 

#SalamArsip!

#ArsipYes!HoaksNo!

#ArsipSimpulPemersatuBangsa

#ArsipSumberInformasiAutentikDanTerpercaya

RECENT POSTS

ANRI Menerima Visitasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimatan Selatan

Direktur Kearsipan Pusat Azmi di damping oleh Kepala SubDirektorat Daerah I Abdul Haris , menerima secara langsung Vistasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang di Ketuai oleh Henny Marlina , Kunjungan ke ANRI  tersebut dalam rangka konsultasi kearsipan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Tapin Syafruddin Noor.

Dalam sambutannya yang di sampaikan di depan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin , sebagaimana…

ANRI HARAP DISPERSIP SULTENG LANJUTKAN PENYELAMATAN ARSIP

Palu (11/10) – Sebelum mengakhiri penugasan di Sulawesi Tengah (Sulteng), Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang juga selaku pimpinan tim _task force_, Kandar menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Sulteng diharapkan dapat menindaklanjuti koordinasi dan pendataan arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum tersentuh. Terhambatnya…

ANRI Menyerahkan Aplikasi SIKD Kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak, Kalbar, 11/10/2018, Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan sambutan sekaligus melaksanakan penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)  dalam rangka pelaksanaan E-Arsip di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Aplikasi SIKD diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan.

Pada sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa implementasi SIKD bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi…

TIM TANGGAP DARURAT ANRI MULAI IDENTIFIKASI ARSIP BERSEJARAH YANG RUSAK DITERJANG TSUNAMI DI SULAWESI TENGAH

Palu, 10/10/2018. Pada hari ketiga tim _task force_ ANRI melakukan penyelamatan dan pelindungan arsip bernilai sejarah dan vital di Sulawesi Tengah.

Langkah awal, Tim melaksanakan pertemuan dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, Direktur Preservasi, Kandar menyampaikan beberapa hal yg diamanatkan  undang-undang dan pentingnya koordinasi antar berbagai lembaga daerah terutama pada dinas kearsipan untuk menjadi…