Peringatan Hari Kearsipan Ke-47, Resmi Dibuka

15 Mei 2018

Peringatan Hari Kearsipan Ke-47,Resmi Dibuka

Peringatan Hari Kearsipan Nasional (HKN) Ke-47 resmi dibuka. HKN Ke-47 Tahun 2018 dibuka oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rini Widyantini didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, dan Kepala ANRI, Mustari Irawan di Hotel Swiss-Belinn, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

"Pelaksanaan Peringatan  HKN  ke-47  tahun  2018  diisi dengan berbagai kegiatan antara  lain  Rapat  Koordinasi  Kearsipan tingkat  Nasional  tentang  Implementasi  Sistem  Informasi Kearsipan  Dinamis  berbasis  TIK  (e-Arsip),  Pencanangan GNSTA,  Penyerahan  Arsip  Statis  dari  Pencipta  Arsip  ke Lembaga  Kearsipan  tingkat  Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota, penyerahan  Citra  Daerah  dari  ANRI  kepada  perwakilan pemerintah daerah dan pameran arsip Wawasan Kebangsaan", terang Kepala ANRI, Mustari Irawan dalam laporannya.

Rini Widyantini dalam sambutannya menyampaikan Pentingnya menjaga dan menyelamatkan arsip dengan basis teknologi informasi dan komunikasi. “Kebesaran suatu bangsa tergantung pada bagaimana kita menata arsip. Tidak ada cara lain, kita harus menjaga dan menyelamatkan arsip melalui pemanfaatan teknologi informasi yang salah satunya adalah dengan penerapan sistem informasi kearsipan dinamis sebagai awal bagi elektronisasi pengelolaan kearsipan (filling)," ungkap Rini.

Sementara itu, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya sangat mengapresiasi kegiatan Peringatan Hari Kearsipan Ke-47 di NTT dan mengucapkan terima kasih karena NTT telah diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah Peringatan HKN Ke-47.(sa)

RECENT POSTS

ANRI Menerima Visitasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimatan Selatan

Direktur Kearsipan Pusat Azmi di damping oleh Kepala SubDirektorat Daerah I Abdul Haris , menerima secara langsung Vistasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang di Ketuai oleh Henny Marlina , Kunjungan ke ANRI  tersebut dalam rangka konsultasi kearsipan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Tapin Syafruddin Noor.

Dalam sambutannya yang di sampaikan di depan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin , sebagaimana…

ANRI HARAP DISPERSIP SULTENG LANJUTKAN PENYELAMATAN ARSIP

Palu (11/10) – Sebelum mengakhiri penugasan di Sulawesi Tengah (Sulteng), Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang juga selaku pimpinan tim _task force_, Kandar menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Sulteng diharapkan dapat menindaklanjuti koordinasi dan pendataan arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum tersentuh. Terhambatnya…

ANRI Menyerahkan Aplikasi SIKD Kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak, Kalbar, 11/10/2018, Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan sambutan sekaligus melaksanakan penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)  dalam rangka pelaksanaan E-Arsip di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Aplikasi SIKD diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan.

Pada sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa implementasi SIKD bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi…

TIM TANGGAP DARURAT ANRI MULAI IDENTIFIKASI ARSIP BERSEJARAH YANG RUSAK DITERJANG TSUNAMI DI SULAWESI TENGAH

Palu, 10/10/2018. Pada hari ketiga tim _task force_ ANRI melakukan penyelamatan dan pelindungan arsip bernilai sejarah dan vital di Sulawesi Tengah.

Langkah awal, Tim melaksanakan pertemuan dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, Direktur Preservasi, Kandar menyampaikan beberapa hal yg diamanatkan  undang-undang dan pentingnya koordinasi antar berbagai lembaga daerah terutama pada dinas kearsipan untuk menjadi…