ANRI Gelar Rakor Pengawasan kearsipan

08 Februari 2018

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Program Kerja Pengawasan Kearsipan Tahunan (PKPKT) Tahun 2018. Rakor bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan program pengawasan kearsipan di tingkat kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Acara Rakor dibuka oleh Kepala ANRI Mustari Irawan di Hotel  Grand Kemang, Jakarta (08/02).

"tujuan pengawasan kearsipan untuk membina penyelenggaraan Sistem Kearsipan Nasional pada setiap pencipta arsip dan lembaga kearsipan sesuai dengan arah dan sasaran pembangunan nasional di bidang kearsipan", Tutur Mustari dalam sambutannya. Mustari menambahkan bahwa kebijakan pengawasan kearsipan ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). 

Sementara itu, Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Rudi Anton menyampaikan bahwa pengawasan kearsipan dilaksanakan dalam rangka 'mendiagnosa penyakit' yang terjadi di kearsipan untuk selanjutnya 'diobati. Rudi Anton mencontohkan masih ada pencipta arsip dan lembaga kearsipan yang belum memiliki empat pilar penyelenggaraan kearsipan seperti Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Sistem Klasifikasi  Keamanan dan Akses Arsip serta Jadwal Retensi Arsip. 

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Rudi Anton menyerahkan  Laporan Hasil Pengawasan Kearsipan Pusat dan Daerah tahun 2017 kepada Kepala ANRI Mustari Irawan. 

Selain itu, pada acara ini dilaksanakan pula Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Nasional Tahun 2017 kepada 33 provinsi.(sa) 

RECENT POSTS

ANRI Menerima Visitasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimatan Selatan

Direktur Kearsipan Pusat Azmi di damping oleh Kepala SubDirektorat Daerah I Abdul Haris , menerima secara langsung Vistasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang di Ketuai oleh Henny Marlina , Kunjungan ke ANRI  tersebut dalam rangka konsultasi kearsipan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Tapin Syafruddin Noor.

Dalam sambutannya yang di sampaikan di depan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin , sebagaimana…

ANRI HARAP DISPERSIP SULTENG LANJUTKAN PENYELAMATAN ARSIP

Palu (11/10) – Sebelum mengakhiri penugasan di Sulawesi Tengah (Sulteng), Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang juga selaku pimpinan tim _task force_, Kandar menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Sulteng diharapkan dapat menindaklanjuti koordinasi dan pendataan arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum tersentuh. Terhambatnya…

ANRI Menyerahkan Aplikasi SIKD Kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak, Kalbar, 11/10/2018, Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan sambutan sekaligus melaksanakan penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)  dalam rangka pelaksanaan E-Arsip di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Aplikasi SIKD diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan.

Pada sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa implementasi SIKD bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi…

TIM TANGGAP DARURAT ANRI MULAI IDENTIFIKASI ARSIP BERSEJARAH YANG RUSAK DITERJANG TSUNAMI DI SULAWESI TENGAH

Palu, 10/10/2018. Pada hari ketiga tim _task force_ ANRI melakukan penyelamatan dan pelindungan arsip bernilai sejarah dan vital di Sulawesi Tengah.

Langkah awal, Tim melaksanakan pertemuan dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, Direktur Preservasi, Kandar menyampaikan beberapa hal yg diamanatkan  undang-undang dan pentingnya koordinasi antar berbagai lembaga daerah terutama pada dinas kearsipan untuk menjadi…