PERINGATI 100 TAHUN ADAM MALIK, ANRI GELAR PELUNCURAN NASKAH SUMBER ARSIP ADAM MALIK

15 Desember 2017

Peringati 100 Tahun Adam Malik, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Launching Naskah Sumber Arsip Adam Malik (Menembus Empat Zaman). Naskah sumber arsip tersebut mengulas tentang peran aktif Adam Malik dalam bidang politik dan kepartaian sejak masa kolonial, pendudukan Jepang, Pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto.

Acara launching diawali dengan penyerahan Naskah Sumber Arsip Adam Malik dari Kepala ANRI kepada Bapak Otto Malik (putra sulung Adam Malik). Kemudian dilanjutkan dengan diskusi Naskah sumber arsip Adam Malik dengan pembicara Sejarawan Asvi Warman Adam, Gunajaya Malik (Cucu Adam Malik), Suryagung & Nurarta Situmorang (Penulis), dan dimoderatori oleh Hermanus (LKBN Antara).

Adam Malik merupakan seorang tokoh nasionalis yang berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Kepiawaian Adam Malik dalam berdiplomasi sudah teruji dengan baik. Hal ini terlihat pada saat beliau menjabat sebagai Menteri Luar Negeri baik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno maupun pada masa Presiden Soeharto. Bahkan pada tahun 1971, Beliau pernah memimpin Ketua Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa saat memutuskan negara Republik Rakyat China masuk menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tidak hanya itu, Adam Malik juga menjadi ketua tim perundingan Indonesia-Belanda untuk masalah Irian Barat pada 7 Maret 1962. Peran lainnya, Beliau juga merupakan salah satu pendiri Association of Southeast Asian Nations.

Pada masa-masa perjuangan, Adam Malik pernah bekerja sebagai seorang jurnalis. Kemudian menjadi salah satu pendiri Partai Musyawarah Rakyat Banyak (MURBA). Adam Malik merupakan salah satu pendiri kantor Berita Antara dan pernah bertugas sebagai duta besar di Rusia. Semua kisah Adam Malik yang tertuang dalam naskah sumber arsip, diperoleh dari arsip-arsip yang berasal dari khazanah arsip keluarga maupun khazanah arsip yang tersimpan di ANRI. (sa)





RECENT POSTS

ANRI SERAHKAN APLIKASI SIKD KE PROVINSI GORONTALO

Salam ARSIP!

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman menyerahkan aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Gorontalo, Darda Daraba,  bertempat di Ballroom Hotel Maqna. Penyerahan aplikasi SIKD tersebut didampingi oleh Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Gorontalo Yosef Koton, Kasubdit Pusat III Sulistyowati, Arsiparis Madya Rudi Andri Syahputra,…

KEPALA ANRI LANTIK PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA DAN FUNGSIONAL PRANATA KOMPUTER

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional Pranata Komputer di lingkungan ANRI. 

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya Kepala Subdirektorat Akuisisi Arsip II, Drs.Hilman Rosmana, M.Hum, diangkat dalam jabatan Direktur Kearsipan Daerah I. Berikutnya, Kepala Bidang Akreditasi Daerah Wawan, S.IP, M.AP diangkat dalam jabatan Direktur Kearsipan Daerah II dan Sarip Hidayat, S.Kom,M.Si diangkat…

ANRI Menerima Visitasi Peserta Diklat dari Kemenkum dan HAM dan Peserta Diklat Kemenhan

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan ANRI , Listianingtyas Murgiwati di damping oleh Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan Gurandhyka, menerima secara langsung Visitasi Peserta Diklat Pengangkatan Arsiparis Tingkat Terampil Kementrian Hukum dan HAM RI yang di pimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan pelatihan Fungsional dan HAM Pocut Eliza, dan peserta Diklat Teknis Administrasi…