ANRI DAN NAN TANDATANGANI NOTA KERJA SAMA KEARSIPAN

27 Oktober 2017

            Den Haag, 27 Oktober telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Arsip Nasional Belanda (NAN). MoU tersebut ditandatangani Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Kepala NAN Mareens Engelhard. Adapun lingkup area kerja sama meliputi :
a. Pertukaran pengetahuan dan pengembangan kapasitas di bidang pengelolaan arsip statis dan arsip dinamis
b. pertukaran scan, digital inventaris, dan metadata VOC dan arsip kolonial Belanda lainnya di ANRI dan NAN khususnya arsip tentang Pergerakan Nasional Indonesia sampai dengan era kemerdekaan yang telah diseleksi untuk digitalisasi
d. konservasi tahap pertama arsip kolonial Belanda dan VOC yang ada di ANRI untuk dilakukan digitalisasi.
e. Digitalisasi arsip VOC dan arsip kolonial Belanda di ANRI dan Arsip Pergerakan Nasional Indonesia di NAN
f. Membuat fasilitas untuk memastikan preservasi yang tahan lama dan presentasi scan online yang telah dihasilkan.
g. Mengumpulkan guide penelitian tentang arsip-arsip kolonial Belanda yang ada di luar ANRI.
h. Penyelenggaraan pameran bersama dan publikasi bersama.
            Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan pertukaran scans yang merupakan khazanah kedua lembaga kearsipan nasional tersebut. Selain acara MoU, dilaksanakan pula pameran arsip "The birth of Indonesian Youth Movement digelar di National Archives of the Netherlands (NAN) , Den Haag Belanda yang merupakan kerja sama Arsip Nasional RI dengan Arsip Nasional Belanda. Acara pameran   dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 89. Pameran dibuka secara resmi oleh Duta  Besar LB & BP RI untuk Kerajaan Belanda,  I Gusti Agung Wesaka Puja.
            Dalam sambutannya,  I Gusti Agung Wesaka Puja menyampaikan bahwa pameran yang digelar merupakan gambaran peristiwa lahirnya gerakan pemuda Indonesia untuk menyatakan identitas,  integritas dan nasionalisme :  Indonesia. Pameran berlangsung sampai tanggal 2 November 2017. (sa) 

RECENT POSTS

ANRI Menerima Visitasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimatan Selatan

Direktur Kearsipan Pusat Azmi di damping oleh Kepala SubDirektorat Daerah I Abdul Haris , menerima secara langsung Vistasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang di Ketuai oleh Henny Marlina , Kunjungan ke ANRI  tersebut dalam rangka konsultasi kearsipan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Tapin Syafruddin Noor.

Dalam sambutannya yang di sampaikan di depan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin , sebagaimana…

ANRI HARAP DISPERSIP SULTENG LANJUTKAN PENYELAMATAN ARSIP

Palu (11/10) – Sebelum mengakhiri penugasan di Sulawesi Tengah (Sulteng), Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang juga selaku pimpinan tim _task force_, Kandar menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Sulteng diharapkan dapat menindaklanjuti koordinasi dan pendataan arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum tersentuh. Terhambatnya…

ANRI Menyerahkan Aplikasi SIKD Kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak, Kalbar, 11/10/2018, Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan sambutan sekaligus melaksanakan penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)  dalam rangka pelaksanaan E-Arsip di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Aplikasi SIKD diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan.

Pada sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa implementasi SIKD bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi…

TIM TANGGAP DARURAT ANRI MULAI IDENTIFIKASI ARSIP BERSEJARAH YANG RUSAK DITERJANG TSUNAMI DI SULAWESI TENGAH

Palu, 10/10/2018. Pada hari ketiga tim _task force_ ANRI melakukan penyelamatan dan pelindungan arsip bernilai sejarah dan vital di Sulawesi Tengah.

Langkah awal, Tim melaksanakan pertemuan dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, Direktur Preservasi, Kandar menyampaikan beberapa hal yg diamanatkan  undang-undang dan pentingnya koordinasi antar berbagai lembaga daerah terutama pada dinas kearsipan untuk menjadi…