Akreditasi Penyelenggara Jasa Kearsipan

Akreditasi Kearsipan adalah kegiatan penilaian mutu dan kelayakan terhadap lembaga kearsipan, unit kearsipan, lembaga penyelenggara jasa kearsipan serta lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan kearsipan.

Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba yang berbentuk badan hukum yang didirikan dan/atau berkedudukan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menyelenggarakan jasa kearsipan.

Dalam pelaksanaan Akreditasi Kearsipan, Peserta Akreditasi Kearsipan harus memenuhi antara lain:

1.       Syarat administratif meliputi:

a. berbadan hukum bagi Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan dan LP3K swasta;

b. telah masuk pada database pengawasan penyelenggaraan kearsipan.

2.       Bagi Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan memiliki Pedoman Penyelenggaraan Jasa Kearsipan dan telah melakukan minimal 3 (tiga) kali kegiatan penyelenggaraan jasa kearsipan sesuai dengan bidang yang akan diakreditasi

3.       Bagi LP3K, antara lain memiliki Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan; dan  telah melakukan minimal 3 (tiga) kali kegiatan pendidikan dan pelatihan kearsipan sesuai dengan bidang yang akan diakreditasi.

 

 

RECENT POSTS

ANRI GELAR EKSPOSE KAJIAN GRAND DESIGN SISTEM KEARSIPAN NASIONAL

Kedeputian Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Ekspose Kajian Grand Desain Sistem Kearsipan Nasional. Acara Ekspose diselenggarakan di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (12-14/12).

Acara ekspose bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan dari para peserta ekspose yang berasal dari para pejabat, arsiparis dan perwakilan fungsional tertentu di lingkungan ANRI. 

Kepala…

ANRI Jalin Kerja Sama Kearsipan dengan Bekraf

Jakarta (10/12) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjalin kerja sama di bidang kearsipan dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding).
Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf menandatangani MoU tersebut di Kantor Bekraf yang bertempat di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik…