MELIHAT KEMBALI ARSIP HUBUNGAN DIPLOMASI INDONESIA-VIETNAM

08 November 2019

Jakarta, 8 November 2019. Indonesia dan Vietnam menggelar Pameran Bersama Arsip mengenai Indonesia-Vietnam. Pameran berlangsung mulai 8-22 November 2019. Pameran tersebut menampilkan foto-foto ketika Presiden Pertama RI Soekarno dan Bapak Bangsa Vietnam Ho Chi Minh saling bertukar kunjungan pada pada tahun 1959 lalu. Selain itu, ditampilkan pula arsip-arsip lain yang berkaitan dengan kerja sama kedua negara.

Pameran yang digelar di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat itu dibuka oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Wamenlu Vietnam,  Le Hoai Trung didampingi oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik, Duta Arsip, Rieke Diah Pitaloka dan sejumlah tokoh-tokoh nasional.

Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa pertukaran kunjungan antara kedua tokoh itu memiliki makna fundamental dan strategis. Sebab itulah yang mendasari persahabatan antara Indonesia-Vietnam yang berlangsung hingga saat ini.

"Persahabatan tak bisa dibangun dalam satu malam saja. Dalam konteks ini, persahabatan pendiri negara kita Bung Karno dan Presiden Vietnam Bapak Ho Chi Minh punya arti strategis," tutur Menlu Retno Marsudi.

Sementara, Wamenlu Vietnam Le Hoai Trung mengapresiasi serta memberikan penghargaan yang tinggi atas kehangatan Indonesia terhadap Vietnam. Menurutnya, Indonesia selalu berada di sisi Vietnam dalam memperjuangkan kemerdekaannya sejak awal.

"Bung Karno memainkan peran penting dalam mempromosikan kemerdekaan di negara Asia dan Afrika, termasuk Vietnam, lain melalui semangat Konferensi Asia - Afrika 1955. Semangat konferensi itu yang mendorong Paman Ho dalam mendorong kemerdekaan Vietnam," kata Le Hoai Trung.

Bung Karno dan Paman Ho merupakan dua figur pemimpin Asia yang dikenal gigih menentang kolonialisme dan imperialisme di negerinya. Kedekatan dua figur tersebut dapat disaksikan melalui pameran arsip yang diselenggarakan antara Arsip Nasional RI, Kedutaan Besar Vietnam di Indonesia dan komunitas Jasmerah.  Pameran arsip tersebut terdiri dari berbagai media, antara lain kertas, foto, dan film. 

Melalui pameran arsip ini,  diharapkan dapat membuka wawasan pengetahuan dan pembelajaran mengenai persahabatan yang terjalin antara para pemimpin Indonesia dengan Vietnam serta pandangan yang sama dari para pemimpin tersebut terhadap kolonialisme dan imperialisme. (is)

RECENT POSTS

PT Timah Canangkan START Kearsipan

Pangkal Pinang (20/11/2019), Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan kearsipan BUMN,  PT Timah (Tbk) berkomitmen untuk maju menjadi yang terdepan dalam pengelolaan arsip perusahaan. Hal ini di buktikan dengan dilakukannya Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip Timah (START) secara langsung oleh Direktur Utama PT Timah (Tbk) M.Riza Pahlevi Tabrani beserta Plt.Kepala ANRI Dr.M.Taufik, M.Si.

M.Reza selaku Dirut PT Timah (Tbk) menyampaikan terima kasih atas dukungan…

ANRI SELENGGARAKAN EKSPOSE INVENTARIS ARSIP SEKRETARIAT NEGARA RI

Deputi Bidang Konservasi Arsip M.Taufik, Bersama dengan Direktur Pengolahan Sarip Hidayat, membuka secara resmi kegiatan Ekspose Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI, Kegiatan ekspose tersebut di laksanakan dalam rangka Soft Launching Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI Asisten Menteri Urusan Hubungan dengan Lembaga Tertingi/Lembaga Tinggi Negara seri pemantauan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan 1970-1999. Kegiatan ekspose tersebut dengan mengundang…

PUSDIKLAT ANRI SELENGGARAKAN DIKLAT KEARSIPAN BAGI PIMPINAN LEMBAGA DAN UNIT KEARSIPAN

Jakarta, 12-15 November 2019. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kearsipan ANRI selenggarakan acara pembukaan Diklat Teknis Dasar-Dasar Kearsipan bagi Pimpinan Lembaga Kearsipan dan Unit Kearsipan (PNBP) Tahun 2019. Pelaksanaan Diklat berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 12 –15   November  2019,  di  Hotel   Aston   Priority, Jakarta. Acara Diklat dibuka oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik.

Diklat ini diselenggarakan…

ANRI & PERPUSNAS RI SINERGI DALAM PENYELENGGARAAN KEARSIPAN DAN LITERASI

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)  Muhammad Syarif Bando, melaksanakan kunjungan kerja ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin, 11 November 2019. Kunjungan Kerja tersebut diterima langsung oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik beserta jajaran di Kantor ANRI, Ampera Raya, Jakarta Selatan. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk membangun sinergi dan keselarasan dalam penyelenggaraan kearsipan dan literasi.

ANRI dan PNRI memiliki peranan…