GEGAP GEMPITA SOSIALISASI SIKN DAN JIKN BAGI MASYARAKAT PENGGUNA

04 November 2019

GEGAP GEMPITA SOSIALISASI SIKN DAN JIKN BAGI MASYARAKAT PENGGUNA
Bertempat di Ballrooom Hotel J.S. Luwansa, Jakarta, ratusan masyarakat yang terdiri dari beragam profesi dan latar belakang berkumpul untuk menghadiri acara Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional yang dihelat pada Senin, 4 November 2019.
Acara yang bertujuan untuk menyebarluaskan kemanfaatan web jikn.go.id bagi masyarakat pengguna ini dibuka oleh Plt. Kepala Arsip Nasional RI, Dr.M.Taufik, M.Si dengan didahului oleh Sekapur Sirih dari Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Drs. Imam Gunarto, M.Hum. Acara pembukaan turut dimeriahkan oleh penampilan Wahana Cipta Group yang menampilkan Tari Enggang dari Kalimantan Timur.
Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi panel sesi I dengan menghadirkan narasumber Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional ANRI, Desi Pratiwi, MIM dan Kepala Bidang Pengembangan Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional ANRI, Eksanto, S.Si. Diskusi panel sesi I dimoderatori oleh arsiparis madya Pusat SIKN dan JIKN, Drs. Muhammad Rustam. Diskusi sesi I fokus pada penyelenggaraan SIKN JIKN, yaitu : Penyelenggaraan Layanan Kearsipan Online kepada Publik melalui Penyelenggaraan SIKN dan JIKN dan Pengenalan Portal jikn.go.id.
Sosialisasi SIKN dan JIKN ini turut dihadiri oleh narasumber dari dua tokoh pengarsipan mandiri, yaitu David Tarigan (Irama Nusantara) dan Muhidin M. Dahlan (Warung Arsip). David Tarigan memaparkan tentang Pengarsipan Hasil Industri Rekaman di Indonesia, sedangkan Muhidin M. Dahlan memberi penjelasan mengenai Peran Masyarakat di Bidang Kearsipan. Diskusi panel sesi II ini dimoderatori oleh Sely Purbasari Suryani, arsiparis muda Pusat SIKN dan JIKN. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari Band ANRI dan penampilan spontan dari Pak Sobirin dari Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Wilayah Jakarta yang membacakan tulisan Ki Hajar Dewantoro berjudul Seandainya Saya Orang Belanda.(selly)

RECENT POSTS

PT Timah Canangkan START Kearsipan

Pangkal Pinang (20/11/2019), Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan kearsipan BUMN,  PT Timah (Tbk) berkomitmen untuk maju menjadi yang terdepan dalam pengelolaan arsip perusahaan. Hal ini di buktikan dengan dilakukannya Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip Timah (START) secara langsung oleh Direktur Utama PT Timah (Tbk) M.Riza Pahlevi Tabrani beserta Plt.Kepala ANRI Dr.M.Taufik, M.Si.

M.Reza selaku Dirut PT Timah (Tbk) menyampaikan terima kasih atas dukungan…

ANRI SELENGGARAKAN EKSPOSE INVENTARIS ARSIP SEKRETARIAT NEGARA RI

Deputi Bidang Konservasi Arsip M.Taufik, Bersama dengan Direktur Pengolahan Sarip Hidayat, membuka secara resmi kegiatan Ekspose Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI, Kegiatan ekspose tersebut di laksanakan dalam rangka Soft Launching Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI Asisten Menteri Urusan Hubungan dengan Lembaga Tertingi/Lembaga Tinggi Negara seri pemantauan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan 1970-1999. Kegiatan ekspose tersebut dengan mengundang…

PUSDIKLAT ANRI SELENGGARAKAN DIKLAT KEARSIPAN BAGI PIMPINAN LEMBAGA DAN UNIT KEARSIPAN

Jakarta, 12-15 November 2019. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kearsipan ANRI selenggarakan acara pembukaan Diklat Teknis Dasar-Dasar Kearsipan bagi Pimpinan Lembaga Kearsipan dan Unit Kearsipan (PNBP) Tahun 2019. Pelaksanaan Diklat berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 12 –15   November  2019,  di  Hotel   Aston   Priority, Jakarta. Acara Diklat dibuka oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik.

Diklat ini diselenggarakan…

ANRI & PERPUSNAS RI SINERGI DALAM PENYELENGGARAAN KEARSIPAN DAN LITERASI

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)  Muhammad Syarif Bando, melaksanakan kunjungan kerja ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin, 11 November 2019. Kunjungan Kerja tersebut diterima langsung oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik beserta jajaran di Kantor ANRI, Ampera Raya, Jakarta Selatan. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk membangun sinergi dan keselarasan dalam penyelenggaraan kearsipan dan literasi.

ANRI dan PNRI memiliki peranan…