Laraska turut semarakan mgtc 4 di uns

03 November 2019

MGTC (Museum Goes to Campus) yang sudah berlangsung selama 4 tahun di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) bersama para alumninya.

Menurut Ketua Panitia MGTC 4 Insiwi Febriary Setiasih, MGTC adalah pameran bersama sejumlah Museum dari pelosok negeri di UNS. MGTC 4 tanggal 29—31 Oktober 2019 bertema “Keberagaman Sebagai Dinamisator Peradaban.”

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) turut terpanggil dalam MGTC 4 tersebut dengan melakukan workshop dan membuka stand inovasi LARASKA (Layanan Restorasi Arsip Keluarga) yang diikuti oleh Ibu-Ibu Dharwanita UNS, Dosen, Guru, Mahasiswa, dan para pengunjung pameran.

Indonesia sebagai wilayah rawan bencana (ring of fire), iklim tropis, global warming yang kurang mendukung terhadap kelestarian arsip. Kurangnya kesadaran keluarga dalam pengelolaan arsipnya juga melatarbelakangi lahirnya inovasi LARASKA ini.

Inovasi ini dilakukan dalam upaya memenuhi amanat UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan bahwa pemerintah berkewajiban melindungi hak-hak keperdataan rakyat, dan amanat Presiden Jokowi, bahwa pemerintah harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan layanan secara langsung dan memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat.

Workshop di awali dengan pengantar dari inisiator utama MGTC, Agus HK Sutomo, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Warto, M.Hum. (Dekan FIB) selaku penanggung jawab kegiatan.

Workshop menghadirkan pembicara Direktur Preservasi ANRI, Dr. Kandar, MAP. Selaku moderator Insiwi Febriary Setiasih, SS, MA. Dalam presentasinya, Kandar mengatakan agar arsip keluarga dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, maka setiap keluarga harus mengetahui jenis-jenis arsip yang dimiliki, bagaimana megelompokkan, menyimpan, melindungi, merawat, dan membuat back up jika terjadi bencana.

Workshop mendapat apresiasi sangat baik dari para peserta dan pengunjung. Ibu Rektor dan Ibu-Ibu Wakil Rektor serta peserta yang lain silih berganti mengajukan pertanyaan dan sharing pengalaman mereka pada saat wilayah Solo terjadi bencana banjir besar.

Selanjutnya anggota Tim Laraska: Agung, Purwanto, Tarwidi, dan Mega mendemostrasikan cara restorasi arsip keluarga melalui enkapsulasi. Ratusan KTP para pengunjung dan puluhan akte dan sertifikat berhasil di enkapsulasi oleh Tim Laraska. Bahkan beberapa pengunjung telah dapat melakukan enkapsulasi arsip mereka sendiri.

RECENT POSTS

PT Timah Canangkan START Kearsipan

Pangkal Pinang (20/11/2019), Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan kearsipan BUMN,  PT Timah (Tbk) berkomitmen untuk maju menjadi yang terdepan dalam pengelolaan arsip perusahaan. Hal ini di buktikan dengan dilakukannya Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip Timah (START) secara langsung oleh Direktur Utama PT Timah (Tbk) M.Riza Pahlevi Tabrani beserta Plt.Kepala ANRI Dr.M.Taufik, M.Si.

M.Reza selaku Dirut PT Timah (Tbk) menyampaikan terima kasih atas dukungan…

ANRI SELENGGARAKAN EKSPOSE INVENTARIS ARSIP SEKRETARIAT NEGARA RI

Deputi Bidang Konservasi Arsip M.Taufik, Bersama dengan Direktur Pengolahan Sarip Hidayat, membuka secara resmi kegiatan Ekspose Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI, Kegiatan ekspose tersebut di laksanakan dalam rangka Soft Launching Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI Asisten Menteri Urusan Hubungan dengan Lembaga Tertingi/Lembaga Tinggi Negara seri pemantauan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan 1970-1999. Kegiatan ekspose tersebut dengan mengundang…

PUSDIKLAT ANRI SELENGGARAKAN DIKLAT KEARSIPAN BAGI PIMPINAN LEMBAGA DAN UNIT KEARSIPAN

Jakarta, 12-15 November 2019. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kearsipan ANRI selenggarakan acara pembukaan Diklat Teknis Dasar-Dasar Kearsipan bagi Pimpinan Lembaga Kearsipan dan Unit Kearsipan (PNBP) Tahun 2019. Pelaksanaan Diklat berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 12 –15   November  2019,  di  Hotel   Aston   Priority, Jakarta. Acara Diklat dibuka oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik.

Diklat ini diselenggarakan…

ANRI & PERPUSNAS RI SINERGI DALAM PENYELENGGARAAN KEARSIPAN DAN LITERASI

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)  Muhammad Syarif Bando, melaksanakan kunjungan kerja ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin, 11 November 2019. Kunjungan Kerja tersebut diterima langsung oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik beserta jajaran di Kantor ANRI, Ampera Raya, Jakarta Selatan. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk membangun sinergi dan keselarasan dalam penyelenggaraan kearsipan dan literasi.

ANRI dan PNRI memiliki peranan…