PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN GORONTALO CANANGKAN GERAKAN NASIONAL SADAR TERTIB ARSIP

27 November 2018

Gorontalo, 27 nov 2018. Bertempat di Auditorium Limboto Indah, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). 

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala ANRI yg dalam hal ini diwakili oleh Direktur Kearsipan Daerah I, Hilman Rosmana.

Bupati Gorontalo dalam sambutannya menyatakan bahwa arsip ibarat wajah kita. Jika arsip kita tertata dengan baik, maka indah dan cantiklah wajah kita. Dari arsip kita bisa belajar mengenai tata kelola pemerintahan dan bahkan kehidupan. Sementara itu, Hilman Rosmana menyampaikan sambutan dan materi mengenai Kebijakan Penyenggaraan Kearsipan Nasional. Salah satu hal yg ditekankan oleh Hilman, yaitu pengelolaan kearsipan adalah tanggung jawab OPD selaku pencipta arsip.

Acara dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan dengan dua pemateri Arsiparis Madya ANRI, Rudi Andri Syahputra dan Sri Wulandari yg akan memberikan materi pengelolaan arsip dinamis baik teori dan praktik.

Direncanakan pada kesempatan yg akan datang, para peserta bimtek ini akan melakukan observasi lapangan ke ANRI dalam rangka penguatan pemahaman tata kelola kearsipan, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Gorontalo, Yahya Podungge, yang didampingi oleh Kabid Kearsipan Agus Paramata. (JJ)