Provinsi Nusa Tenggara Barat Terima Aplikasi e-Arsip dari ANRI

06 November 2018

Mataram, 6/11/2018. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima Hibah Aplikasi e-Arsip melalui Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Aplikasi SIKD diserahkan secara langsung oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan kepada Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTB di Aula Kantor Gubernur NTB.

Dalam sambutannya, Mustari menekankan pentingnya pengelolaan arsip dinamis berbasis elektronik dalam mewujudkan good governance dan open governance. Terlebih lagi saat ini manajemen kearsipan menjadi salah satu indeks penilaian Reformasi Birokrasi.

Selain itu dengan keluarnya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE) membuat aplikasi Kearsipan menjadi istimewa, karena seluruh KL/ Pemda tidak boleh lagi membuat aplikasinya sendiri-sendiri. Oleh karena itu ANRI mendukung setiap daerah melalui pemberian aplikasi SIKD dan Bimtek Pendampingan salah satunya kepada Pemerintah Provinsi NTB.

Wakil Gubernur NTB menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian ANRI selama ini dalam mendorong terwujudnya pengelolaan arsip yang baik dan handal di lingkungan pemerintahan Provinsi NTB. Pendampingan dan Bimtek SIKD ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi SDM kearsipan di Provinsi NTB dan seluruh jajaran OPD siap melaksanakan pengelolaan arsip berbasis elektronik.