08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sharing Session Penulisan Ilmiah dan Populer : Lukisan Ekspresi Dalam Tulisan

Sharing Session Penulisan Ilmiah dan Populer : Lukisan Ekspresi Dalam Tulisan Sharing Session Penulisan Ilmiah dan Populer : Lukisan Ekspresi Dalam Tulisan Sharing Session Penulisan Ilmiah dan Populer : Lukisan Ekspresi Dalam Tulisan

01

Apr 24

Sharing Session Penulisan Ilmiah dan Populer : Lukisan Ekspresi Dalam Tulisan

Direktur Pengolahan Wiwi Diana Sari membuka kegiatan sharing session via zoom meeting sebagai sarana penunjang yang diperlukan untuk substansi kerja para pegawainya. “Dengan adanya kegiatan ini diharapakan para pegawai Direktorat Pengolahan berani mencoba menulis baik itu tulisan ilmiah ataupun populer”, ujarnya.

Materi pertama disampaikan oleh Jajang Nurjaman. Dalam penulisan ilmiah menekankan mind mapping untuk menentukan masalah yang akan dibahas, kerangka tulisan (outline) guna memudahkan menulis dengan lancar, serta tidak melakukan plagiarisme. Jajang juga mendorong rekan-rekan pegawai Direktorat Pengolahan untuk menerbitkan tulisannya dalam wadah jurnal, artikel, bahkan disertasi.

Niken Tri Rahutami selaku pemateri kedua  menyampaikan tentang penulisan populer, komposisi naskah, dan tahapan penulisan. “Dalam penulisan populer, informasi yang disampaikan biasanya tentang masalah yang sedang aktual di masyarakat dibungkus melalui opini menggunakan bahasa yang tidak baku dan dapat dimengerti oleh masyarakat”, ujarnya. Artikel Populer akan diterbitkan di media massa, koran, majalah ataupun situs web.

"As a writer, you should not judge, you should understand."

-Ernest Hemingway-

( PRN )


Foto : Direktorat Pengolahan
Penulis : PRN
Editor : tk

Bagikan

Views: 294